fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210321 WA0004Foto bersama Op. Jason Sitindaon Doli dengan Op. Sakti Sitindaon Boru dan keluarga di Gunung Pasir Jaya Sekampung Udik Lampung Timur, 21 Maret 2021

Mencari Jejak Sitindaon

Sitindaon ini adalah marga Batak yang langka, umurnya sudah ratusan tahun tapi populasinya sangat sedikit jika dibandingkan dengan marga² lain.

Dengan populasinya yang sedikit, banyak orang tidak mengenal marga ini termasuk di kalangan suku Batak sendiri.

Akhir² ini marga Sitindaon sudah mulai dikenal orang dengan sering tampilnya Jansen Sitindaon sebagai politisi muda dari Partai Demokrat.

Sebagai salah seorang keturunan marga Sitindaon, S. Sitindaon (Op. Jason Doli) orangtua dari Jansen Sitindaon, dalam setiap tugasnya di berbagai daerah di Indonesia selalu berusaha mencari dan mengunjungi keluarga Sitindaon di daerah tersebut.

Hari ini Minggu 21 Maret 2021, beliau mengunjungi Op. Sakti Sitindaon Boru yang tinggal bersama keluarganya Bahktiar Sitindaon (Bp Gindo) di Desa Gunung Pasir Jaya Sekampung Udik Lampung Timur.

Sebagai informasi Op Sakti Sitindaon Boru (R. Br. Siburian) lahir di P. Tanah Jawa 18 Februari 1934 atau sudah berusia 87 tahun, beliau adalah istri dari almarhum Abner Sitindaon, penulis buku Tarombo Sitindaon sampai tahun 1963 yl. yang meninggal dunia pada 10 Mei 1963.

FB IMG 1616319567940

Saya sangat terharu mengetahui kunjungan Op. Jason Sitindaon ini sebagai salah satu upaya Mencari Jejak Sitindaon di manapun berada.

Saya jadi teringat masa 40 tahun yang lalu, waktu itu saya masih lajang kebetulan bekerja sebagai kontraktor di PT Barata Indonesia sedang mengerjakan proyek listrik masuk desa di desa Silumboyah Kabupaten Dairi, mendengar dari masyarakat di desa tersebut ada 1 keluarga marga Sitindaon sebagai guru di desa tsb.
Saya juga mencari dan mendatangi rumah tersebut tapi tidak bertemu dengan orangnya,, dan setelah 30 puluh tahun kemudian bertemu juga dengan keluarga besarnya.

Hari ini Tuhan membalasnya dengan kunjungan kembali oleh anak dari keluarga Sitindaon dari Silumboyah kepada orangtua(ibu) kami di Lampung Timur.

Sepertinya inilah yang disebut Mencari Jejak Sitindaon.

Terimakasih Op. Jason,  sehat dan sukses selalu

*Zul Abrum Sitindaon/ Bp Sakti (Op. Savana) 

 

 


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh