fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210523 092133

SitindaonNews.Com | Indonesia telah memasuki 23 tahun Reformasi pada 21 Mei 2021. Setelah peristiwa Reformasi 1998, nama Amien Rais lekat dengan sebutan Bapak Reformasi. 

Sejumlah aktivis reformasi 1998, yang menamakan diri mereka Barikade 98, menyebut Amien Rais tidak pantas menyandang sebutan tersebut. Ketua Umum Barikade 98 Benny Rhamdani mempertanyakan sebutan atau gelar Bapak Reformasi yang disematkan kepada Amien Rais. 

"Kita ingin bertanya kepada Amien Rais, ketika anda disebut sebagai Bapak Reformasi atau Tokoh Reformasi, siapa yang memberi label katokohan itu kepada anda?" Kata Benny dalam keterangannya yang dikutip Sabtu 22 Mei 2021

Benny menegaskan, pada saat aktivis 98 berjuang menumbangkan rezim Orde Baru dan Presiden Soeharto, tidak pernah merasa bahwa Amien Rais bersama-sama dengan perjuangan aktivis 98 saat itu. Bahkan Benny menyebut Amien Rais penumpang gelap reformasi.

"Karena toh aktivis 98 tidak pernah merasa dalam perjuangan 23 tahun lalu Amien Rais berada bersama-sama kami, kecuali dia hanya sebagai penumpang gelap dari gerakan reformasi itu sendiri," ujarnya. 

Dikatakannya, Amien Rais tidak pernah menjadi bagian dari gerakan 98. Bahwa Amien pernah muncul tanpa diundang ketika mahasiswa saat itu melakukan pendudukan DPR, dan pernah terlibat dalam pertemuan dengan kelompoknya, dan bukan kegiatan mahasiswa, itu adalah urusan Amien Rais sendiri. 

"Aktivis 98 tidak pernah memberikan gelar kepada Amien Rais. Karena itu meminta Amien Rais untuk tidak lagi menggunakan gelar tersebut," ujarnya.

Sumber: www.viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210513 112650

Banyak yang mengecam peristiwa yang terjadi antara Israel dan Palestina termasuk dari pendukung teroris berkedok agama tapi mereka mendukung kelompok yang akan menjadikan Indonesia seperti Israel - Palestina, kata Teddy Gusnaidi.

Berikut pernyataan Teddy Gusnadi yang dikutip redaksi dari akun twiternya:

"Lagi & lagi masalah Israel - Palestina, yg dirugikan adalah rakyat. Belajar dari kondisi di sana, Indonesia akan seperti itu jika kita membiarkan para teroris berkedok agamis merusak negara Pancasila."

Kita mengutuk di sana, tapi kita membiarkan negeri ini menuju seperti di sana.

"Jadi jika para pendukung teroris berkedok agamis secara berjamaah mengecam perang Israel - Palestina, tentu itu kecaman yang bodoh. 

Bagaimana mereka mengecam tapi mendukung kelompok yang akan menjadikan Indonesia seperti Israel - Palestina? #SakitJiwa" 

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1620339110379Sejumlah anggota DPR RI saat mengikuti Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/9/2020). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

SitindaonNews.Com | Sebanyak 264 orang Anggota DPR RI tidak hadir dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan V Tahun 2020-2021 yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/5).

Wakil Ketua DPR RI yang memimpin rapat itu, Muhaimin Iskandar, menyebut hanya 311 anggota dewan yang hadir dari jumlah seluruh anggota DPR yakni 575 orang. Sementara itu, hanya 65 orang yang hadir secara fisik di kompleks parlemen.

"Menurut catatan Sekretariat Jenderal, telah hadir bersama kita 65 anggota DPR RI yang hadir langsung dan 246 anggota melalui virtual. Dengan begitu, telah terpenuhi kuorum," kata Muhaimin dalam rapat yang disiarkan kanal Youtube DPR RI, Kamis (6/5).

Selama pandemi Covid-19, pelaksanaan Rapat Paripurna memang hanya dihadiri secara langsung oleh perwakilan di Gedung DPR RI. Pimpinan DPR minimal dihadiri oleh tiga orang, anggota yang mewakili Fraksi satu orang, dan anggota yang mewakili Komisi dan AKD satu orang.

Masa sidang kali ini dibuka usai para anggota DPR RI reses ke daerah pemilihan masing-masing. Mereka telah menjalani reses sejak 10 April.

Masa sidang kali ini juga hanya akan berjalan dua hari. DPR akan memasuki masa libur Hari Raya Idulfitri yang hanya tinggal hitungan jari.

Di awal rapat, Muhaimin menyampaikan duka cita atas insiden kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali. Ia juga menyampaikan duka cita atas gugurnya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny dalam kontak tembak dengan KKB.

Muhaimin berkata DPR RI menerima dua surat, yaitu surat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Presiden RI. Dia menyebut surat dari presiden berkaitan dengan pergantian antar waktu (PAW) sejumlah anggota dewan.

Anggota dewan yang akan diambil sumpah har ini adalah Itet Tridjajati Sumarijanto dari Fraksi PDI Perjuangan dan Ali Mufhti dari Fraksi Partai Golkar. Itet menggantikan Bambang Suryadi, sedangkan Ali menggantikan Gatot Sudjito.

"Kita akan ambil sumpah setelah Ketua DPR RI menyampaikan pidato," tuturnya

Sumber: cnnindonesia

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210512 155534Presiden Soeharto menandatangi perjanjian dengan IMF. Michel Camdessus terlihat memandanginya dengan bersedekap. AP Photo

SitindaonNews.Com | Krisis moneter atau Krismon 1998 bisa jadi merupakan momen paling menyedihkan bagi napas politik dan ekonomi Indonesia, seluruh negeri bergejolak akibat peristiwa tersebut. Nilai mata uang rupiah anjlok dan perekonomian rakyat morat-marit, merupakan salah satu pemicu mahasiswa turun ke jalan menuntut agar Soeharto hengkang dari kursi jabatan Presiden yang memangkunya selama tiga dekade.

Sebenarnya bukan hanya Indonesia yang mengalami krismon 1998, beberapa negara di Asia seperti Thailand dan Korea Selatan juga mengalaminya di tahun tersebut. Tetapi, di antara negara-negara lain, krisis ekonomi yang Indonesia alami dinilai yang paling buruk. Bagi masyarakat yang pernah mengalaminya. Memberikan trauma tersendiri bagi mereka.

Tiada akibat tanpa sebab, krisis moneter tak lantas secara tiba-tiba terjadi tanpa penyebab, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan serangkaian faktor dari sektor ekonomi, soal, dan politik turut menyumbang sebab terjadinya krisis moneter 1998.

1. Rupiah Anjlok

Tahun 1997 bisa jadi awal indikasi terjadinya krisis moneter 1998, dimulai dari bulan Agustus nilai mata uang rupiah terus terjun bebas dan mencapai nilai terendah di bulan berikutnya, September. Hanya dalam jangka waktu setahun, yang awalnya kedudukan nilai mata uang rupiah berada di angka Rp 2.380 per satu dolarnya, mengalami penurunan hingga 600 persen. Puncaknya pada bulan Juli 1998, nilai mata uang rupiah benar-benar terpuruk, titik tukar rupiah ke dalam dolar mencapai Rp 16.650. Meski pada 31 Desember 1998 nilai rupiah mulai bangkit dan dihargai Rp 8.000 per dolarnya, hal ini tak banyak memberi pengaruh sebab ekonomi rakyat sudah kadung terpuruk.

2. Membengkaknya utang luar negeri

Selain anjloknya nilai mata uang rupiah pada 1997 sampai 1998, krisis moneter tersebut juga dipicu oleh membengkaknya angka utang luar negeri oleh swasta. Yakni, pada Maret 1998, 72,5 miliar dolar AS dari 138 miliar dolar AS merupakan utang swasta yang dua dari tiga utang tersebut merupakan utang jangka pendek yang jatuh tempo masa tenggat pembayaran di tahun tersebut. Sementara cadangan devisa senilai 14.44 miliar dolar AS yang dimiliki Indonesia jauh dari kata cukup untuk membayar utang, apalagi beserta bunganya. Faktor utang luar negeri yang membengkak itulah yang menjadi salah satu penyebab perekonomian Indonesia mendapatkan tekanan berat.

3. Krisis kepercayaan

Kebijakan pemerintah dalam menangani krisis keuangan yang dinilai plintat-plintut menyebabkan kepercayaan masyarakat dan pasar mulai runtuh. Ditambah lagi dengan kondisi kedua Presiden Soeharto yang kian memburuk membuat suksesi mengalami ketidakpastian. Akibatnya investor asing enggan memberikan bantuan finansial secara cepat. Hal inilah yang juga menjadi sebab krisis moneter 1998.

4. Paket Solusi IMF yang Berujung Kegagalan

IMF sebagai organisasi dana moneter internasional sempat memberikan sejumlah solusi untuk membantu Indonesia menanggulangi krisis moneter dengan menawarkan paket reformasi keuangan. Ali& alih-alih solusi tersebut membawa dampak yang bagus, paket reformasi keuangan yang dianjurkan IMF malah membuat nasabah memutuskan untuk menarik dana besar-besaran. Kondisi ini makin memperparah krisis ekonomi 1998, sebab membuat bank-bank memberikan pinjaman secara terbatas, di sisi lain Bank Indonesia juga harus menggelontorkan banyak dan krisis moneter terus berlanjut dan makin parah.

Sumber: .tempo.co

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

pns

Malu jadi bagian koruptor
Disana banyak yg bangga jadi keluarga koruptor, napi koruptor dan mantan napi koruptor.

#SayaMaluJadiIstriKoruptor
#SayaMaluJadiSuamiKoruptor
#SayaMaluJadiAnakKoruptor
#SayaMaluJadiMenantuKoruptor
#SayaMaluJadiCucuKoruptor
#SayaMaluJadiKeluargaKoruptor
#SayaMaluJadiFansKoruptor

0
0
0
s2sdefault