fbpx

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20200406 104738

SitindaonNews.Com | Kalau mau kaya jangan jadi pegawai, tapi jadi pengusaha.” Pernah dengar ungkapan tersebut?. Ya, pengusaha memang identik banyak uang. Tidak seperti pegawai atau karyawan yang pendapatannya hanya bersumber dari gaji bulanan saja. Nominalnya pun sama.

Sementara pengusaha, apalagi jika sudah meraup kesuksesan, uang dengan sendirinya mengalir. Keuntungan dari menjual produk atau jasa dalam jumlah besar. Bisa punya rumah gedong, kendaraan mewah, aset bertebaran di mana-mana.

Selain kerja keras, tentunya pengusaha punya rahasia jitu sehingga bisnisnya bisa maju dan akhirnya memiliki banyak uang. Penasaran apa rahasianya? Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

 

1. Bukan dengan Berhemat, Tapi Pikirkan Cara untuk Menghasilkan

Jika ingin punya banyak fulus, caranya ya dengan membuat sendiri. Maksudnya bukan memproduksi uang pakai mesin dalam jumlah banyak. Tapi memikirkan cara apa saja untuk menghasilkan cuan. Contohnya saja lebih kreatif, inovatif, dan menjawab kebutuhan konsumen dalam menciptakan produk atau jasa yang dijual.

Dengan begitu, produk atau jasa Anda laris manis habis terjual. Dapat untung besar, dan uang Anda banyak toh. Dari keuntungan tersebut digunakan lagi sebagai modal ekspansi dan mengembangkan bisnis, bahkan investasi sana sini. Bisnis kian menggurita, uang pun mengalir deras ke kantong Anda.

Itulah cara yang paling tepat. Fokus untuk membuat atau menghasilkan uang, ketimbang berhemat. Karena berhemat biasanya hanya mampu mengumpulkan uang dalam jumlah kecil. Hasilnya tidak seberapa.

2. Kerja, Kerja, Kerja

Mengikuti slogan pemerintah Jokowi, yaitu kerja, kerja, dan kerja, pengusaha harus memiliki mental pekerja keras. Waktu dan tenaganya akan tercurah untuk kerja, kerja, dan kerja. Pergi pagi, pulang larut malam. Itulah kebiasaan para pengusaha sukses.

Selain kerja keras, kerja cerdas juga penting. Pikiran seorang pengusaha seperti tak pernah tidur. Selalu memikirkan bagaimana caranya mencapai tujuan atau target perusahaan, membuat produk atau jasa semenarik mungkin dan disukai banyak orang, mencari strategi pemasaran yang jitu, serta strategi memitigasi risiko bisnis.

Pengusaha selalu memanfaatkan waktu setiap detik untuk bekerja. Bagi mereka, waktu adalah uang. Tidak ada yang lebih penting dari bekerja. Begitu tujuan atau target perusahaan terpenuhi, pengusaha akan mencetak keuntungan besar.

3. Tinggalkan Kebiasaan Jelek soal Keuangan

Tujuan Laporan Keuangan (sumber: Pexels)
Tujuan Laporan Keuangan (sumber: Pexels)

Seorang pengusaha yang sukses dan bergelimang harta dibangun dengan hasil kerja keras, cucuran keringat, dan air mata. Karena kerja keras itu, pengusaha biasanya selalu menghargai setiap sen uang yang dihasilkan.

Mereka membiasakan diri menabung dan berinvestasi, bukan menghamburkan uang.  Kalaupun pengusaha terpaksa harus berutang, mereka akan meminjam uang untuk mengembangkan bisnisnya.

 Dengan begitu, keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat. Mereka bisa membayar utang, tapi juga tetap untung. Seorang pengusaha tahu mana kebutuhan, mana keinginan atau nafsu sesaat. Mereka pandai dalam mengatur dan mengelola keuangan.

4. Punya Tujuan Keuangan yang Jelas

Pengusaha memiliki tujuan keuangan dengan jelas. Mereka akan lantang menolak permintaan apapun bila itu melenceng dari tujuannya. Contohnya uang untuk ekspansi bisnis di kuartal II ini, namun ada tawaran untuk membuka bisnis di bidang lain.

Maka pengusaha akan berani menolaknya karena sudah jelas peruntukkan uang guna mengembangkan bisnis, bukan mendirikan bisnis baru yang belum jelas prospek dan risikonya.

Biasanya dalam hal ini, pengusaha akan menggunakan insting bisnisnya. Pendiriannya tidak mudah goyah karena sudah punya tujuan jelas, mau di bawa ke mana bisnisnya. Tidak serta merta ikut tren saja, sehingga terbawa arus yang dapat menghancurkan bisnis. 

5. Menjaga Kesehatan

Ilustrasi Cek Kesehatan
Ilustrasi Cek Kesehatan

Apalah artinya sukses, kaya, dan banyak uang, jika kesehatan Anda buruk. Dalam mengejar kekayaan, tentu saja kesehatan sangat penting. Maka dari itu, selain bekerja, seorang pengusaha akan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk tidur cukup, berolahraga, mengonsumsi makanan sehat agar stamina tetap terjaga.

 Jika kesehatan tubuh dan mental prima, maka Anda akan lebih fokus mencari dan mengumpulkan uang. Muncul ide-ide segar yang bisa mengantarkan bisnis Anda ke puncak kesuksesan. 

Manfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Mau punya banyak uang seperti pengusaha? Bisa kok. Yang terpenting adalah mau bekerja keras dan terus mencari peluang yang ada untuk memperoleh hasil yang besar. Tentu saja, diiringi dengan disiplin mengelola, memanfaatkan, dan menghargai uang yang didapat.

 

Sumber: id.berita.yahoo.com


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh