fbpx

0
0
0
s2sdefault

306491 asap knalpot motor 375 211

Ilustrasi knalpot motor

sitindaon News –Salah satu hal yang wajib dilakukan para pemilik kendaraan bermotor, adalah melakukan perawatan secara berkala. Hal itu bisa dilakukan di bengkel resmi, maupun bengkel umum yang banyak tersedia.

Jika kendaraan tidak dirawat selama bertahun-tahun, maka masalah atau kerusakan akan timbul. Salah satu yang umum terjadi, adalah knalpot mengeluarkan suara nyaring, yang biasa dikenal dengan istilah menembak atau ‘nembak’.

 

Dilansir dari 100kpj, Selasa 14 Mei 2019, pemilik bengkel Kings Motor di kawasan Jakasampurna, Bekasi Barat, Krisyanto mengatakan, ada beberapa penyebab mengapa knalpot mengeluarkan suara seperti itu.

Saat pelanggan datang ke bengkelnya dan mengungkapkan masalah itu, hal pertama yang ia lakukan adalah membuka busi dan memeriksanya.

Busi itu komponen penting selama (proses) pembakaran. Nah, kalau businya bermasalah, percikan api yang dihasilkan kurang maksimal. Pembakaran yang enggak sempurna ini, yang bikin knalpot meledak-ledak,” ujarnya.

Hal lain yang bisa memicu munculnya suara seperti tembakan, kata Krisyanto, yakni ada kerusakan pada komponen knalpot. Penyebab yang paling umum, adalah akibat korosi atau karat.

“Bunyi meledak-ledak juga bisa disebabkan dari kerusakan knalpot. Misalnya, ada kebocoran di bagian muffler atau lehernya,” tuturnya.

Jika dibiarkan, maka kerusakan yang terjadi bisa makin parah dan merembet ke komponen lain. Oleh sebab itu, segera periksakan kendaraan saat mengalami masalah tersebut. (kwo)

Sumber: VIVA


0
0
0
s2sdefault

Add comment


Security code
Refresh