fbpx

0
0
0
s2sdefault

1613974645313Ilustrasi ponsel basah

SitindaonNews.Com | Tips teknologi kali akan mengulas tentang bagaimana cara menyelamatkan ponsel yang basah karena terkena hujan. Mengutip CNET, Agustus 2012 lalu, ponsel yang terkena air akan berfungsi kembali jika langkah-langkah yang dilakukan tepat.

Secara umum, Anda diharuskan jangan panik ketika smartphone basah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan:

Yang harus dilakukan

Meskipun membongkar ponsel sepenuhnya akan membantunya mengering dengan lebih efektif, tapi hal itu akan membatalkan garansi Anda. Biasanya memerlukan alat khusus dan dapat membahayakan ponsel Anda jika Anda tidak berhati-hati, jadi tidak direkomendasikan.

Hal yang harus dilakukan adalah segera ambil dan amankan smartphone Anda jika terjatuh di genangan air atau basah karena hujan. Karena jika terlalu lama dibiarkan, akan meningkatkan risiko kerusakan.

Kemudian, tahan keinginan Anda untuk memeriksa apakah masih berfungsi atau menekan tombol apa pun. Karena menekan tombol dapat menggeser cairan lebih jauh ke dalam perangkat.

Dalam semua kasus, hal terbaik yang harus dilakukan adalah segera mencabut baterai sehingga meminimalkan daya ke perangkat yang dapat menyebabkan korsleting.

Jika Anda memiliki smartphone dengan baterai yang tidak dapat dilepas, Anda harus mengambil risiko menekan beberapa tombol untuk memeriksa apakah masih aktif dan segera mematikannya jika aktif. Namun, berhati-hatilah saat menangani ponsel dalam kasus ini.

Selanjutnya, lepaskan bagian apa pun di ponsel Anda yang bisa dilepas, seperti casing. Cabut kartu SIM dan SD card, biarkan port atau penutup di ponsel Anda terbuka untuk membantu ventilasi.

Lalu, keringkan semuanya dengan handuk, termasuk bagian luar perangkat, dan berhati-hatilah agar air tidak masuk ke lubang di telepon. Meskipun semuanya kering, kemungkinan besar ada kelembapan laten di dalam perangkat yang ingin Anda keluarkan sebelum menyalakannya.

Perbaikan yang paling sering dilaporkan untuk ponsel yang basah kuyup adalah mengubur ponsel dalam semangkuk beras kering. Bahan pengering, seperti beras, memiliki sifat higroskopis yang dapat menarik dan menyerap kelembapan.

Anda juga dapat menggunakan kemasan gel silika, jenis yang digunakan dalam kotak sepatu untuk efek yang lebih besar.

Cara lainnya, tempatkan ponsel Anda dalam wadah kedap udara. Biarkan selama 24-48 jam agar material menarik semua kelembaban dari ponsel Anda. Jika Anda yakin sudah kering, coba hidupkan kembali.

Jika Anda berhasil menghidupkan kembali ponsel Anda, selamat, tetapi Anda mungkin belum memenangkan perang melawan ponsel yang pasah tadi. Logam di dalam ponsel Anda yang bersentuhan dengan air dan oksigen dapat membuat karat seiring berjalannya waktu.

Sementara pemecah masalah telepon profesional mungkin dapat menghilangkan korosi dengan menyeka sirkuit dengan alkohol gosok. Namun, sekali lagi, jangan coba ini di rumah karena dalam banyak kasus, akhirnya ponsel Anda mati dan tidak berfungsi.

Namun, langkah tepat paling awal adalah mencegah agar ponsel tidak terkena air. Anda dapat membeli kantong berlapis silika yang tertutup rapat yang dirancang khusus antiair.

Yang tidak boleh dilakukan

Metode jalur cepat yang diklaim untuk mengeringkan ponsel basah adalah dengan menggunakan pengering rambut, atau memberikan panas ke perangkat dengan cara lain. Meskipun ini akan berhasil menguapkan semua kelembapan yang masih ada di dalam ponsel, ini berisiko menjadi terlalu panas dan menyebabkan kerusakan pada komponen.

Jika terjadi genangan air yang parah, uap yang dihasilkan mungkin akan mengembun lagi di bagian lain telepon. Anda mungkin lolos begitu saja, tapi tampaknya agak berbahaya, jadi rekomendasinya adalah menghindari metode ini.

Hal yang tidak boleh dilakukan lainnya adalah memasukkan ponsel Anda ke dalam freezer, dengan dibungkus kertas untuk mencegah kerusakan. Hal ini memang akan mengurangi konduktivitas air saat mendekati suhu beku, dan akan menghentikan ponsel Anda dari korsleting saat digunakan.

Namun, hal itu jelas bukan solusi jangka panjang, karena begitu es mulai mencair, Anda akan mendapatkan masalah yang sama. Dalam prosesnya, Anda mungkin akan mengacaukan layar ponsel Anda yang rapuh, yang sepertinya tidak layak untuk mengambil risiko untuk perbaikan jangka pendek dari efektivitas yang meragukan.

Untuk smartphone yang terkena hujan tidak terlalu parah, Anda dapat mengeringkan ponsel secara menyeluruh di bagian luarnya saja dengan memberikan perhatian khusus pada lubang seperti jack headphone dan port USB.

Untuk masalah ini, beberapa menyarankan menusuk dengan tusuk gigi yang dibungkus dengan handuk kertas perlahan. Namun, langkah ini agak meragukan, risiko terbesarnya adalah kain yang basah akan tersangkut di dalam ponsel Anda dan mengacaukan jeroannya.

Sumber: tempo

 

 

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210110 223942

Pak Sulaiman adalah guru honorer dan pendeta di Desa Wamerek, nun jauh di pedalaman pegunungan tengah, Lembah Baliem, Wamena.

[Cerita dari surga kecil yang jatuh ke bumi] https://t.co/FQmQD5MJiX

Saya menumpang satu malam di rumahnya yang sangat sederhana, perpaduan bangunan semi permanen dan honai, setelah berjalan kaki selama lima jam dari titik terakhir yang bisa diakses kendaraan.

Beliau sudah puluhan tahun menjadi guru honorer. Bisa dikatakan beliau menjadi satu satunya tenaga pengajar bagi anak didiknya, karena kepala sekolah dan guru PNS tinggal di kota. Mereka hanya datang sebulan sekali, di awal bulan atau saat ujian.

Bagi saya itu tidak adil. Tapi dari gesture dan raut mukanya, tidak sedikitpun beliau menampakkan keluhan terhadap sikap atasan dan rekan kerjanya.

Beliau satu satunya orang di kampungnya yang berhasil menyelesaikan pendidikan hingga sarjana, berkat dukungan missionaris dan tekad kuat mendidik anak anak Lembah Baliem agar bisa setara dengan anak anak daerah lain yang lebih maju.

Beliau sangat mencintai pekerjaannya. Setiap sore banyak anak yang berkumpul diberanda rumahnya untuk membaca buku dan belajar membaca atau berhitung, diluar jam sekolah.

Ketika saya tanya apakah gaji sebagai honorer cukup untuk kebutuhan rumah tangganya, beliau menjawab lebih dari cukup. Karena sebenarnya beliau tidak harus menjadi guru honorer jika hanya untuk memenuhi rumah tangganya.

Ladang dan kebun sudah memenuhi semua kebutuhan rumah tangganya. Menjadi guru honorer adalah bentuk pelayanannya terhadap Tuhan, sebagaimana beliau memimpin jemaatnya di setiap ibadah hari Minggu.

-end-

Oleh: Daniel Leonard Sinaga

Sumber: Twitter @daniellsinaga

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1602224148201

Dengan kesuksesan besar Amazon hari ini, sulit membayangkan bahwa sang pendiri, Jeff Bezos memulainya pada tahun 1994 sebagai penjual buku online di garasi kecil di luar rumah.

Sekarang, hampir tidak ada yang tidak dapat Anda beli di Amazon. Meski begitu timbul pertanyaan bagaimana Amazon menjadi toko segalanya alias serba ada?


Pada tahun 1997, setelah Amazon membuat langkah besar dalam menjual CD dan DVD, Bezos ingin melihat bagaimana lagi dia dapat memperluas etalase online-nya.

"Saya mengirim email kepada 1.000 pelanggan yang dipilih secara acak dan bertanya kepada mereka, 'Selain barang-barang yang kami jual hari ini, apa yang Anda ingin lihat untuk kami jual? Semua tanggapannya cukup panjang, tetapi cara mereka menjawab pertanyaan adalah apa pun yang mereka cari saat itu," kata Bezos dalam wawancara tahun 2018 di Economic Club of Washington.

Setelah itu, Bezos berpikir bahwa dia bisa menjual apapun dengan cara ini. Akhirnya dia pun meluncurkan beberapa perlengkapan lainnya seperti elektronik, mainan dan banyak kategori lainnya dari waktu ke waktu.

Berikan apa yang mereka inginkan

Pada awal 2000-an, Amazon bergerak jauh melampaui buku, video, dan musik - menawarkan pakaian, elektronik, mainan, peralatan dapur, dan bahkan langganan majalah.

Dalam suratnya pada tahun 1999 kepada pemegang saham, Bezos membagikan visinya untuk menggunakan platform Amazon untuk membangun perusahaan paling berpusat pada pelanggan di dunia, tempat di mana pelanggan dapat datang untuk mencari dan menemukan apa saja dan semua yang mungkin ingin mereka beli secara online.

"Kami akan mendengarkan pelanggan, menciptakan atas nama mereka, dan mempersonalisasi toko untuk mereka masing-masing, sambil bekerja keras untuk terus mendapatkan kepercayaan mereka," tulisnya.

Lantas apa yang bisa dipelajari dari Bezos?

Kekayaan Bezos saat ini diperkirakan bernilai $ 185 miliar, menurut Forbes. Meskipun sangat sedikit orang yang akan mencapai kesuksesan serupa, kita semua dapat belajar dari cara berpikirnya.

1. Ide paling sederhana patut dicoba

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang inovasi adalah bahwa ide yang layak diuji harus selalu rumit atau terdengar gila bagi orang kebanyakan orang. 
Tapi, seperti yang ditunjukkan Bezos, Anda dapat mengambil ide sederhana (yaitu, toko yang menjual lebih dari sekadar buku) dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih besar.

2. Bersiap bahwa Anda bisa gagal

"Saya telah membuat miliaran dolar dari kegagalan. Salah satu pekerjaan saya adalah mendorong orang untuk menjadi berani. Ini sangat sulit. Eksperimen, pada dasarnya, cenderung gagal," kata Bezos pada konferensi IGNITION pada tahun 2014.

Namun, mereka yang tidak menerima kegagalan, kata Bezos, pada akhirnya akan berada dalam posisi putus asa di mana satu-satunya hal yang dapat mereka lakukan adalah bertaruh di akhir dan menyerah.

3. Bicaralah dengan orang-orang di luar lingkaran Anda

Meskipun kita semua hampir sama, kita semua memiliki kebutuhan yang berbeda. Dan mendengarkan kebutuhan tersebut (apakah Anda seorang pengusaha atau anggota tim yang mencoba memikirkan ide untuk perusahaan Anda) dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas dan lebih cepat.

Untuk mengetahui bagaimana Amazon harus berkembang, Bezos tidak melihat dirinya sendiri atau karyawannya. Dia bertanya kepada pelanggan secara langsung, yang membantunya membangun bisnisnya.

4. Lakukan dengan perlahan

Tidak ada yang menjadi kaya dalam semalam. Amazon membutuhkan 26 tahun untuk sampai ke posisi sekarang dan terus menentang gravitasi melalui peningkatan, eksperimen, dan inovasi yang konstan.

"Pada dasarnya, Anda tidak bisa melewati beberapa langkah. Anda harus meletakkan satu kaki di depan yang lain. Hal-hal membutuhkan waktu. Tidak ada jalan pintas," papar dia.

Sumber: cnbcindonesia.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

FB IMG 1609589784054

KISAH GUS DUR DI BULAN DESEMBER

Di ujung Desember yang dingin, seorang anak muda menemui Gus Dur. Penuh percaya diri, pemuda ini menantang Gus Dur.

"Gus, kalau sampeyan bener-bener wali, lipatgandakan uang ini agar bisa kupakai sampai seminggu," katanya sembari menunjuk uang Rp. 10.000.

Sejenak terdiam, Gus Dur kemudian menjawab,

"Bukan hanya seminggu, tapi uang ini bisa kamu pakai setahun," ujar Gus Dur.

Dengan wajah penasaran, pemuda ini bertanya, "Bagaimana caranya Gus?".

Datar Gus Dur menjawab, "Gampang! Belikan saja kalender baru".

SELAMAT TAHUN BARU 2021

LOVE for ALL
HATRED for NONE
Keep SAFE and stay HOPEFUL

 

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3856917734399583&id=803774136380640

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20201008 133731Cukup Taruh Tisu Basah ke dalam Mesin Cuci, Hal Tak Terduga Ini Bisa Terjadi pada Pakaian Kita

SitindaonNews.Com | Mencuci pakaian  pakaian merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang tak bisa dihindari setiap harinya.

Rata-rata orang menghabiskan waktu skitar 4 jam setiap minggu untuk mencuci pakaian.

Mesin cuci memang bisa membantu kita dalam mencuci pakaian.

Namun, kita bisa meningkatkan hasil pencucian dan menghemat banyak waktu hanya dengan satu trik sederhana.

Cara ini pasti akan berguna jika Sahabat NOVA memiliki hewan peliharaan atau memiliki banyak pakaian berwarna gelap.

Caranya, kita cukup memasukkan tisu basah ke dalam mesin cuci saat hendak mencuci pakaian.

Jika trik itu dilakukan, Sahabat NOVA akan terkejut melihat hasilnya.

Untuk melakukan trik itu, perhatikan 5 hal berikut ini, ya.

1. Tidak ada lagi serat di pakaian

Tisu basah bisa membantu menghilangkan serat dan rambut dari pakaian kita.

Tisu basah bertindak sebagai penyerap yang membersihkan potongan-potongan kecil kain, bulu, dan rambut.

Semua partikel ini berakhir di tisu basah dan, akibatnya, pakaian terlihat jauh lebih bersih dan kita tidak perlu mengumpulkan sendiri semua kotoran tersebut dari pakaian.

2. Bagaimana caranya?

Masukkan tidak lebih dari 3 tisu basah ke dalam mesin cuci.

Saat mesin cuci mulai berputar, tisu akan bercampur dengan pakaian dan mengumpulkan rambut dan bulu.

Sebaiknya gunakan tisu basah yang baru untuk setiap pencucian agar bisa melihat hasil yang memuaskan.

3. Pastikan tisu basah cukup padat

Tisu basah harus cukup kuat agar tidak robek di dalam mesin.

Untuk mengujinnya, Sahabat NOVA bisa mencoba merobeknya menjadi potongan-potongan terlebih dahulu.

Jika kita tidak bisa melakukannya, tisu basah tersebut sudah cukup kuat untuk digunakan.

4. Jangan pakai tisu kertas dan kain

Jangan mencoba mengganti tisu basah dengan kertas atau kain.

Karena kertas tidak cukup kuat, kita malah harus membersihkan potongan kertas kecil dari pakaian kita.

Kain juga tidak akan berhasil, bahkan kita tidak akan melihat hasil sama sekali.

Sumber: nova.grid.id

0
0
0
s2sdefault

Subcategories