fbpx

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210514 115440President Joe Biden melepas masker masker saat berbicara di depan media tentang upaya menangani pandemi Covid-19 usai bertemu dengan Dewan Penasihat Transisi COVID-19 di Wilmington, Delaware, 9 November 2020. Pada kesempatan kali ini Joe Biden memohon kepada orang Amerika untuk memakai masker di tengah pandemi. REUTERS/Jonathan Ernst

SitindaonNews.Com | Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada Kamis, 13 Mei 2021, menyatakan orang-orang yang telah mendapatkan dosis vaksin lengkap tidak perlu menggunakan masker di luar ruangan, juga di ruang tertutup di banyak tempat.

Saran itu menjadi pedoman terbaru, yang menurut CDC bakal memungkinkan kehidupan normal sudah bisa kembali berjalan.

CDC juga mengatakan penerima vaksin penuh tidak perlu menjaga jarak fisik di banyak tempat.

CDC berharap pedoman itu dapat mendorong lebih banyak warga Amerika untuk divaksin.

Panduan yang direvisi itu merupakan langkah besar menuju kehidupan sebelum pandemi.

Namun, CDC masih merekomendasikan orang-orang yang sudah divaksin untuk tetap memakai masker di dalam pesawat dan kereta api, di bandara, di pusat transit, transportasi umum, dan berbagai tempat lainnya seperti rumah sakit dan kantor dokter.

CDC mengatakan orang-orang penerima dosis vaksin lengkap harus tetap menggunakan masker di lokasi-lokasi yang diwajibkan oleh undang-undang federal, negara, daerah, kesukuan dan teritorial.

Mereka juga diharuskan mematuhi aturan-aturan yang dikeluarkan, misalnya dari bisnis setempat dan pedoman di tempat kerja.

Pada akhir April, CDC mengatakan bahwa mereka yang telah divaksin lengkap dapat mengikuti kegiatan di luar ruangan secara aman, seperti berjalan-jalan dan mendaki gunung tanpa penggunaan masker. Tetapi, mereka disarankan agar terus memakai masker di tempat-tempat umum yang mewajibkan penggunaannya.

Sumber: tempo.co

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210223 083729

SitindaonNews.Com | Hampir semua orang mungkin pernah mengalami diare, tapi yang lebih sering mengalaminya adalah anak-anak. Anak yang sedang diare mengalami frekuensi buang air besar (BAB) yang meningkat hingga lebih dari 3 kali dalam sehari. Tekstur tinja pada anak yang sedang diare pun menjadi lebih cair atau encer.

Setiap orangtua tentu khawatir saat anak diare. Namun ada beberapa fakta penting mengenai diare pada anak yang perlu diketahui orangtua. Dengan begitu ayah dan ibu bisa memberikan penanganan yang tepat pada Si kecil. Lantas, apa saja fakta penting diare pada anak?

1. Berbagai Macam Penyebab Diare pada Anak

Banyak orangtua yang mungkin bertanya-tanya, kok bisa ya Si Kecil diare? Penyebab diare pada anak sangat beragam, bu. Namun, sebagian besar diare yang dialami anak balita disebabkan oleh infeksi virus. Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri dan parasit. Nah, kondisi yang bisa memicu anak mengalami infeksi ini adalah karena kebersihan lingkungan dan sanitasi yang buruk. Selain karena infeksi, diare pada anak juga bisa disebabkan oleh keracunan makanan, alergi, gangguan penyerapan makanan, dan efek samping obat.

2. Selain Mencret, Diare Pada Anak Juga Bisa Disertai Gejala Lainnya 

Selain BAB lebih sering dan mencret, diare pada anak juga bisa disertai dengan gejala lainnya seperti perut kembung, mual, muntah, demam, nyeri perut, dan lemas. 

3. Waspada Gejala Dehidrasi pada Anak Saat Ia Mengalami Diare

Diare membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit secara cepat. Hal ini karena saat diare, saluran cerna sulit menyerap cairan dan elektrolit. Akibatnya, orang yang mengalami diare berisiko tinggi mengalamidehidrasi

Nah, dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan mengalami dehidrasi. Bila tidak segera ditangani, dehidrasi pada anak bisa semakin parah dan menyebabkan penurunan kesadaran, kejang, kerusakan otak, bahkan kematian.

Karena itu, ibu perlu tahu gejala dehidrasi pada anak saat mengalami diare berikut:

  • Raut wajahnya tampak lemas dan pucat.
  • Mata cekung.
  • Mulut dan bibir kering.
  • Sangat kehausan.
  • Badannya terasa dingin.
  • Jumlah urine sedikit atau warnanya kuning pekat kecokelatan.
  • Saat menangis, air mata yang keluar hanya sedikit atau tidak ada sama sekali.
  • Mengantuk terus-menerus.

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan Anak Saat Diare Sangat Penting

Saat anak mengalami diare, hal paling penting yang perlu orangtua lakukan adalah memastikan kebutuhan cairan anak tercukupi. Bila usia Si Kecil masih di bawah 6 bulan, ibu bisa memberinya ASI atau susu formula setiap kali ia muntah atau diare. Bila Si Kecil sudah berusia di atas 6 bulan, berikanlah ia minuman rehidrasi, seperti oralit. Ibu juga bisa memberikan air kelapa pada Si Kecil yang mengalami diare.

5. Berikan Makanan yang Lembut pada Anak yang Diare

Para orangtua sering bingung tentang jenis makanan apa yang cocok untuk dikonsumsi Si Kecil yang sedang diare. Sebenarnya kuncinya adalah makanan tersebut harus lembut dan mudah dicerna. Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk anak yang diare, antara lain nasi, telur matang, sup ayam hangat, sereal, sayur-sayuran yang dimasak, daging sapi atau ikan.

6. Makanan yang Tidak Baik untuk Anak yang Diare

Selain memerhatikan makanan yang baik untuk dikonsumsi, ibu juga perlu tahu jenis makanan apa yang sebaiknya dihindari oleh Si Kecil yang sedang diare. Hal ini penting untuk mencegah diare semakin parah. Beberapa pantangan makanan untuk anak yang diare, antara lain makanan berminyak dan berlemak, sayur-sayuran yang mengandung gas (brokoli, sayuran hijau, paprika, jagung, dan kacang polong), makanan yang pedas, makanan olahan, junk food, dan minuman bersoda.

Nah, itulah beberapa fakta penting tentang diare pada anak yang mesti ibu tahu. Jika Si Kecil mengalami diare, segera hubungi doktermelalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk, segera downloadaplikasi Halodoc sekarang juga!

Sumber: .halodoc.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210514 062007Warga India mandi dengan kotoran sapi

SitindaonNews.Com | India saat ini tengah dihadapkan pada ledakan kasus COVID-19. Kasus COVID-19 di India diketahui tercatat sebanyak 23,7 juta kasus.

Sebaran kasus COVID-19 tertinggi terdapat di Maharashtra sebesar 5,23 juta kasus. Disusul Karnataka sebesar 2,05 juta kasus, Kerala mencatat 2,01 juta kasus, Uttar Pradesh tercatat ada 1,56 juta kasus.

Di tengah kasus COVID-19 yang meningkat di India, orang-orang di sana berinisiatif melumurkan kotoran sapi ke tubuh mereka untuk mencegah COVID-19.

Dilansir dari laman Dailystar, dilaporkan bahwa beberapa di negara bagian Gujurat barat telah berbondong-bondong ke tempat penampungan sapi untuk melumuri tubuh mereka dengan kotoran sapi.

Mereka percaya itu akan membantu meningkatkan kekebalan mereka dan menghentikan mereka tertular virus. Jika mereka sudah terjangkit virus corona, mereka percaya bahwa praktik tersebut akan membantu pemulihan mereka.

Tetapi tindakan warga India itu dibantah oleh presiden nasional Asosiasi Medis India, Dr JA Jayala. Dia menyebut tidak ada bukti ilmiah yang konkret bahwa kotoran sapi berfungsi untuk meningkatkan kekebalan terhadap COVID-19.

"Ada juga risiko kesehatan yang terlibat dalam mengolesi atau mengonsumsi produk ini, penyakit lain dapat menyebar dari hewan ke manusia," kata dia.

Meskipun sapi tidak dianggap sebagai dewa dalam agama Hindu, sapi dianggap sebagai simbol suci kehidupan dan bumi yang harus dilindungi dan dihormati. Mereka mengeringkan kotoran tersebut sebelum dicuci bersih dengan susu atau buttermilk.

Untuk diketahui, orang-orang telah menggunakan kotoran sapi selama berabad-abad untuk membersihkan rumah mereka. Karena menurut mereka kotoran tersebut memiliki manfaat terapeutik dan antiseptik. Tetapi dokter mengatakan tidak ada bukti apa pun bahwa kotoran hewan akan bermanfaat dalam memerangi virus pembunuh

Sumber: viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210219 095857

SitindaonNews.Com | Sarapan menjadi salah satu kebutuhan yang kerap diabaikan oleh banyak kalangan, termasuk anak-anak.

Bukan itu saja, kebutuhan serat yang penting saat sarapan pun seringkali dilupakan oleh orangtua untuk dikonsumsi buah hatinya.

Data PERGIZI Pangan Indonesia pada tahun 2012, terdapat 9 dari 10 anak usia sekolah 6-12 tahun di Indonesia mengalami kekurangan serat saat sarapan. Kekurangan serat dapat berdampak buruk mulai dari membuat tubuh tidak bersemangat, merasa lesu, hingga sulit konsentrasi.

"Sarapan sehat bergizi lengkap dan mengandung serat itu juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya, lanjut dia dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian, meningkatkan energi dan dapat berkonsentrasi lebih baik serta menjaga berat badan yang sehat," ujar Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah, MS, dalam acara virtual bersama Energen, baru-baru ini.

Tak hanya itu, kekurangan serat saat sarapan dapat membuat anak menjadi kurang produktif. Bahkan, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, menyebut serat bermanfaat bagi imunitas tubuh.

"Dengan serat, maka penyerapan makanan lebih baik. Kebutuhan gizi bisa dipenuhi, sehingga menjaga imunitas tubuh," kata Daeng di kesempatan yang sama.

Untuk itu, keduanya sepakat sumber serat bisa didapat di mana saja, pun harga yang terjangkau. Tak melulu aneka buah, nyatanya serat bisa ditemukan dalam umbi-umbian seperti ubi atau jagung, dan kacang-kacangan.

Sumber serat alami misalnya, gandum, oatmeal, beras, jagung, dan sorgum. Apalagi, sumber serat itu bisa ditanam di sekitar rumah, khususnya yang tinggal di pedesaan. Untuk sumber serat alami, Daeng menyebut, mungkin agak sulit didapatkan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

"Selain sumber serat alami, masyarakat perkotaan bisa memiliki makanan kemasan dengan sumber gandum atau biji-bijian juga. Tentu dengan melihat labelnya," jelas Daeng.
Senada, Brand Manager Energen, Cynthia Ruslan, mengajak penduduk Indonesia menerapkan kebiasaan sarapan sehat yang bergizi lengkap dan kaya serat. Kampanye itu dalam rangka memperingati Pekan Sarapan Nasional yang jatuh pada tanggal 14 – 20 Februari 2021.

"Menu sarapan bergizi dan berserat menghasilkan berbagai manfaat untuk tubuh, salah satu manfaat sarapan berserat adalah baik untuk pencernaan dan juga memberikan efek kenyang lebih lama. Karena itu, mengkonsumsi sarapan bergizi, berserat dan sehat setiap hari adalah modal penting agar tubuh sehat dan siap beraktivitas," kata Cynthia

Sumber: https://www.viva.co

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210510 175157Ilustrasi kamar pasien Covid-19

SitindaonNews.Com | Jumlah warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Aceh sejak awal Mei 2021 terus bertambah, sehingga ruang perawatan di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh nyaris penuh.

Rata-rata pasien yang dirujuk di RSUZA merupakan pasien COVID-19 yang memiliki gejala berat disertai penyakit komorbid.

“Tingginya kasus positif yang dirujuk ke rumah sakit menunjukkan meningkatnya kasus COVID-19 dengan gejala berat dan disertai penyakit komorbid,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Senin 10 Mei 2021.

Saat ini kapasitas perawatan penderita COVID-19 di Aceh sebanyak 747 tempat tidur, termasuk rumah sakit lapangan RSUZA Banda Aceh, yang diresmikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letjend TNI Doni Monardo pada 20 April 2021 lalu.

Kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 yang mencapai 747 tempat tidur itu, meliputi 82 tempat tidur Ruang Intensive Care Unit (RICU), dan 665 tempat tidur isolasi rumah sakit, yang menyebar di seluruh Aceh. Paling banyak di RSUZA Banda Aceh, yakni 15 tempat tidur RICU, dan 70 tempat tidur isolasi.

Untuk kapasitas RICU RSUZA yang saat ini terpakai sudah mencapai 11 tempat tidur, atau 73,3 persen dari 15 kapasitas yang ada. Sedangkan kapasitas ruang isolasi yang sedang terisi sebanyak 53 tempat tidur, atau 75,7 persen dari kapasitas tempat tidur yang tersedia.

Menurut Saifullah, tingkat pengisian tempat tidur rumah sakit rujukan utama, RSUZA Banda Aceh, perlu mendapat perhatian Satgas Penanganan COVID-19 kabupaten/kota, khususnya dalam manajemen rujukan pasien COVID-19.

Sebelum merujuk pasien, ia meminta harus memastikan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan utama tersebut, agar pasien dapat ditangani dengan baik.

“Pasien COVID-19 yang kondisi medisnya dapat ditangani di RSUD kabupaten/kota sebaiknya tidak dirujuk ke RSUZA. Rujukan pasien Covid-19 harus dilakukan secara selektif,” katanya.

Ia memprediksi kasus baru positif COVID-19 diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa pekan ke depan, dan perlu diantisipasi dengan ketersediaan tempat perawatan atau ruang isolasi di RSUD kabupaten/kota. Kata dia optimalisasi fungsi ruang perawatan yang ada merupakan solusi jangka pendek yang perlu dipertimbangkan.

“Jangan menantang virus corona, dan segera disiplinkan diri dan keluarga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” katanya.

Jumlah kasus COVID-19 secara akumulatif di Aceh telah mencapai 11.830 kasus. Para penyintas, yang sembuh dari COVID-19 sebanyak 10.061 orang. Pasien masih dirawat 1.295 orang, dan penderita yang meninggal dunia sudah mencapai 474 orang

Sumber: viva.co

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210218 215207

SitindaonNews.Com | Alpukat  salah satu buah yang disukai banyak orang karena rasanya lezat.

Alpukat  bisa dijadikan untuk santapan, campuran es buah, hingga di jus.

Enggak hanya itu aja, alpukat mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh, lo.

Tahukah kamu? alpukat mempunyai vitamin B6 yang baik untuk sistem imun.

Enggak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin E yang baik untuk perkembangan otak.

Nah, Kids, sayangnya masih banyak orang salah dalam cara mengonsumsi buah tersebut.

Jangan Mengupas dengan Sendok

Masih banyak orang yang salah dengan mengupas alpukat dengan menggunakan sendok.

Ternyata mengupas alpukat dengan sendok bukan cara yang tepat.

Menurut American Chemical Society, mengupas alpukat dengan sendok bisa membuat nutrisinya jadi enggak masuk ke dalam tubuh secara sempurna.

Lalu, bagaimana cara yang benar? 

Cara Mengolah dengan Benar

Coba perhatikan! di dekat kulit alpukat ada bagian berwarna hijau.

Nah, bagian ini ternyata mengandung nutrisi yang paling penting untuk kesehatan kita.

Di bagian ini terdapat kandungan serat, potasium, lemak baik, antioksidan, dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh.

Sayangnya, bagian itu sering terbuang karena cara mengupas atau mengambil daging alpukat yang salah.

Langkah memotong yang benar

buah alpukat untuk dikonsumsi
buah alpukat untuk dikonsumsi ( freepik)

Pastikan ambil alpukat yang sudah matang dengan tanda warna buah yang lebih gelap.

Lalu potong alpukat menjadi dua bagian dan pisahkan bijinya.

Potong masing-masing alpukat menjadi dua bagian, sehingga terpotong jadi empat bagian.

Selanjutnya, lepas kulit alpukat secara perlahan dari dagingnya dengan menggunakan tangan. Alpukat yang sudah matang pasti akan lebih mudah dikupas.

Setelah itu, kita sudah bisa memakannya atau mengolahnya. 

Seperti yang sudah dibilang tadi, pastikan alpukat sudah matang dulu, baru kita bisa memotongnya seperti tadi.

Sumber: kids.grid.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20210507 120237

SitindaonNews.Com | Sebuah penelitian baru memperingatkan bahwa pria botak dua kali berisiko mengalami COVID-19 yang parah. Penelitian itu menyimpulkan bahwa para pria botak menghabiskan waktu dua kali lebih lama di rumah sakit selama COVID-19, dibandingkan para pria yang berambut lebat.

Selain itu, para pria botak juga menjalani perawatan intensif dalam jumlah yang lebih tinggi.

Dilansir laman The Sun, para peneliti mengatakan, kerentanan pria terhadap COVID-19 sebagian besar dipengaruhi oleh hormon seks pria yang disebut dengan androgen. Pria yang lebih sensitif terhadap androgen lebih berisiko mengalami COVID-19 yang parah.

Mereka juga kemungkinan besar mengalami kerontokan rambut, yang disebut dengan androgenetic alopecia, yang mempengaruhi sekitar setengah pria di usia lebih dari 50 tahun.

Kondisi umum ini juga mempengaruhi wanita tapi dengan cara berbeda, yaitu menyebabkan penipisan di mahkota kepala di atas usia 65 tahun.

Androgenetic alopecia sebelumnya dikaitkan dengan beberapa kondisi meliputi penyakit jantung dan diabetes.

Sebuah tim dari para dokter Amerika Serikat mengukur sensitivitas pria terhadap androgen dengan menghitung zat kimia yang disebut dengan CAG. Kadar yang tinggi mengindikasikan bahwa pria lebih berisiko mengalami kerontokan rambut.

Dari 65 pria yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19, mereka dengan kadar CAG tinggi mengalami akibat lebih buruk dari COVID-19 dalam 60 hari setelah masuk rumah sakit.

Mereka menghabiskan waktu 45 hari di rumah sakit, dan 70,6 persen masuk ICU. Sebagai perbandingan, pria dengan kadar CAG rendah menghabiskan rata-rata 25 hari di rumah sakit, dan 45,2 persen masuk ICU.

Peneliti utama Dr Andy Goren, kepala petugas medis di Applied Biology, Inc, California, mengatakan bahwa kadar CAG bisa digunakan untuk mengetahui pria yang berisiko masuk ICU.

Dia mengatakan, studi ini menambah bukti bahwa variasi pada gen AR dan kerentanan terhadap androgen pada tingkat tertentu mengimplikasikan keparahan pada infeksi COVID-19.

Androgen dipercaya bertindak sebagai gerbang untuk meningkatkan kemampuan virus menyerang sel. Ini juga bisa menjelaskan kenapa lebih banyak pria meninggal karena COVID-19 dibanding wanita.

Sumber: viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20201211 191244

Telur adalah salah satu sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Telur juga merupakan makanan yang mudah diolah.

Telur dapat disiapkan dengan berbagai cara, mulai dari di orak-arik hingga direbus. Banyak pilihan yang bisa Bunda coba untuk menikmati sajian telur.

Di sisi lain, walaupun memasak telur itu sederhana, ternyata ada hal-hal kecil yang membuat hasilnya tak sempurna lho. Nah, kesalahan kecil ini kadang kerap kita abaikan. Seperti apa kesalahan tersebut?
 

Berikut ini beberapa kesalahan saat memasak telur yang sebaiknya Bunda hindari :

1. Memasak telur dengan api besar

Untuk telur orak-arik, jangan memasaknya di api yang besar, Bunda. Dalam api besar, hasil telur orak arik akan terlalu kering dan kurang sedap.

Sebaiknya gunakanlah api sedang. Caranya, panaskan wajan dengan api sedang lalu kecilkan menjadi sedang-kecil setelah Bunda memasukkan telur ke wajan.

Memasak dengan api sedang-kecil memungkinkan Bunda mengontrol kecepatan memasak telur, sambil membantunya matang secara merata.

2. Memecahkan telur langsung di wajan

Beberapa orang yang membuat telur orak-arik berpikir untuk memecahkan telur langsung ke dalam wajan untuk menghemat waktu saat memasak. Logikanya mungkin karena nanti kita bisa mengocoknya di panci dan semua akan baik-baik saja.

Mungkin memang berhasil, namun hasilnya tidak bagus. Cara pintas ini akan membuat telur orak-arik tidak menarik karena antara putih dan kuning telur tidak tercampur rata. Jadi silahkan gunakan mangkuk, aduk telur dalam mangkuk sebelum memasaknya di wajan.

3. Merebus telur dengan air mendidih

Orang biasanya merebus telur dengan memasukkannya ke air mendidih. Ini langkah alami yang sepertinya benar karena kita sering menambahkan bahan lain ke dalam air mendidih.

Namun, telur dingin dari lemari es lebih cenderung pecah jika terkena air panas, Bunda. Jadi sebaiknya hindari untuk langsung memasukkan telur dalam air mendidih. Sebaiknya, pastikan suhu telur menjadi suhu ruang sebelum direbus.

4. Membiarkannya lama dalam air mendidih

Membiarkan telur matang berlama-lama dalam air mendidih adalah cara yang pasti untuk membuatnya sangat matang. Untuk menghindari kuning telur berwarna abu-abu karena terlalu matang, pastikan untuk mengangkat panci dari api setelah air mendidih.

Meskipun tidak panas, airnya tetap panas. Biarkan terendam dalam air selama sekitar 10 menit untuk telur rebus dan sekitar 5 menit untuk hasil rebus lembut

 

Sumber: haibunda.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210504 165611Bill Gates dan Melinda Resmi Bercerai

Dunia dikejutkan dengan pengumuman perceraian pasangan suami istri terkaya di dunia, Bill Gates dan Melinda Gates.

Keduanya telah menjalani pernikahan selama 27 tahun dan memiliki tiga orang anak. Mereka juga memiliki sebuah yayasan swasta bernama Gates Foundation.

Perceraian akan menimbulkan pertanyaan baru tentang nasib kekayaan Bill Gates, yang sebagian besar belum disumbangkan ke Gates Foundation. Bill Gates, seorang pendiri Microsoft, merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan uang dimilikinya sebesar US$124 miliar atau Rp1.785 triliun.

Kekayaan yang melimpah memberi mereka akses ke tingkat tertinggi di pemerintahan, bisnis, dan sektor nirlaba.

Yayasan Bill dan Melinda Gates memiliki dana abadi sekitar US$50 miliar atau Rp722 triliun, yang mana memiliki pengaruh besar dalam berbagai bidang. Mulai dari kesehatan global hingga pendidikan anak usia dini.

Selama satu tahun terakhir, Bill dan Melinda Gates terlihat teratur mengomentari perjuangan di seluruh dunia melawan pandemi COVID-19, karena yayasan mereka menghabiskan lebih dari US$1 miliar atau Rp14 triliun untuk memerangi wabah tersebut.

"Gates Foundation adalah entitas filantropi paling penting dan berpengaruh di dunia saat ini karena Gates Foundation adalah yayasan keluarga. Perceraian mungkin berdampak besar bagi yayasan dan pekerjaannya di seluruh dunia," ujar Rob Reich, profesor ilmu politik di Universitas Stanford, Amerika Serikat (AS).

Yayasan itu menampung 1.600 staf di seluruh dunia, memberikan sekitar US$5 miliar atau Rp72 triliun setiap tahun di bidang-bidang seperti kesehatan dan pembangunan masyarakat global, menurut situs New York Times, Selasa, 4 Mei 2021.

Gates Foundation juga memanfaatkan keahlian dan hubungannya untuk memainkan peran penting dalam merumuskan tanggapan global terhadap pandemi COVID-19, berinvestasi sejak dini pada kandidat vaksin dan membantu membentuk Covax, inisiatif global yang mengorganisir pembelian vaksin untuk 92 negara miskin dan lusinan negara lainnya.

Sumber: viva.co

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1c186448 6ea2 4465 ba33 eb92b1ee866a

SitindaonNews.Com | Asam Lambung atau gastritis merupakan masalah pencernaan yang paling umum dialami orang dewasa. Kenali 15 makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung.

Asam lambung yang tinggi akan menyebabkan berbagai keluhan. Mulai dari perut kembung yang membuat tidak nyaman hingga sensasi seperti terbakar pada jantung yang cukup menyakitkan.

Naiknya asam lambung sebagian besar disebabkan karena konsumsi bahan makanan yang dapat memicu kenaikannya. Makanan yang dengan mudah memicu naiknya asam lambung mayoritas merupakan jenis makanan asam dan atau pedas.

Berikut ini 15 makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung, seperti dikutip dari The Daily Meal (10/11):

1. Daging Merah

Daging merah tergolong bahan makanan tinggi lemak. Daging sapi, domba dan babi masuk ke dalam jenis daging merah. Ketiganya bahkan memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dari jenis daging lain.

Daging merah bisa saja tetap dikonsumsi, namun pembatasan pada porsi yang tepat perlu dilakukan agar tidak memicu naiknya asam lambung.

2. Keju

Beberapa produk olahan susu mengandung lemak yang cukup tinggi. Misalnya keju, susu, sour cream dan masih banyak lagi.

Produk olahan susu cukup berisiko membuat asam lambung naik. Bahkan bagi mereka yang sangat rentan terhadap refluks asam tidak seharusnya memilih es krim sebagai dessert.

3. Mentega

 
mentegaFoto: iStock

Alasan lemak harus dihindari adalah karena lemak akan lama dicerna tubuh dan bertahan lebih lama di dalam perut. Adanya makanan yang tertinggal seperti ini akan menghasilkan asam lambung lebih banyak lagi.

Mentega menjadi salah satu produk olahan susu yang juga tinggi kandungan lemak. Karenanya lebih baik membatasi penggunaan mentega atau menggantinya dengan minyak yang lebih sehat.

4. Kopi atau Teh

Kopi dan teh mengandung cukup banyak kafein. Konsumsinya yang berlebih juga bisa memicu kenaikan asam lambung

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti kopi atau teh dengan minuman lain atau mengganti kopi menjadi kopi decaf (rendah kafein).

5. Minuman Bersoda

minuman soda kena virus coronaFoto: iStock

Makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah soda. Sama seperti kopi dan teh, minuman bersoda juga mengandung kafein yang dapat memicu asam lambung. Gelembung pada minuman bersoda bahkan dapat menciptakan rasa sakit yang lebih parah.

6. Buah-buahan Asam

Beberapa orang percaya menambahkan irisan buah dalam air, yang biasa disebut infused water, akan bisa membantu orang minum air lebih banyak. Namun pilihan buah yang salah dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Buah yang biasanya dipilih untuk ditambahkan pada infused water adalah lemon, jeruk nipis, dan buah-buahan segar yang cenderung asam. Pemilihan buah dengan kandungan asam seperti ini bisa memicu naiknya asam lambung.

7. Tomat

Tomat untuk skincare alamiFoto: Getty Images/iStockphoto/silvae

Tanpa disadari, tomat ternyata memiliki kandungan asam yang cukup tinggi layaknya lemon. Bagi mereka yang rentan terhadap asam, tomat akan dapat memicu naiknya asam lambung.

Selain tomat segar berbagai olahan tomat juga seharusnya dikurangi atau bahkan dihindari. Olahan tomat tersebut termasuk marinara, saus, dan salsa.

8. Bawang Putih

Bawang putih menjadi bumbu dapur utama di seluruh dunia. Bawang putih juga dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Nyatanya rasa bawang putih yang kuat dapat menyebabkan mulas. Jika terlalu banyak dikonsumsi, bawang putih juga akan berdampak pada naiknya asam lambung.

9. Bawang Bombai

Manfaat Sehat Bawang BombaiFoto: iStock

Bawang bombai juga tergolong makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung. Serupa dengan bawang putih, bawang bombai juga masuk dalam bahan makanan yang mengandung asam. Terutama bawang bombai mentah.

Penggunaan bawang bombai pada masakan bisa disiasati dengan mengganti bahan. Hal ini bertujuan untuk menghindari konsumsi bawang bombai berlebihan.

10. Merica

Merica ditemukan hampir di setiap dapur. Sama halnya dengan bawang putih, bawang bombai dan berbagai bahan pokok masakan lainnya. Ternyata rasa merica yang cenderung pedas tidak baik untuk lambung. Merica juga dapat memicu naiknya kadar asam lambung yang menyebabkan beberapa keluhan pada perut.

11. Makanan Pedas

Makanan pedas mengandung capsaicin. Selain lemak, capsaicin juga termasuk senyawa yang lama dicerna oleh tubuh.

Capsaicin ini akan memicu naiknya kadar asam lambung dengan cepat. Bahkan capsaicin bisa mengiritasi atau secara langsung menyebabkan inflamasi pada tenggorokan.

12. Coklat

Chocolate background. Many pieces of chocolate, candies, cookies, biscuits, cakes and other sweets. Milk chocolate and dark chocolate. coconut candyFoto: iStock

Coklat adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi setiap hari karena banyak manfaat sehatnya. Namun, jika kamu rentan dengan refluks asam harus sangat membatasi konsumsi coklat.

Coklat mengandung banyak lemak dan kafein. Dua kandungan ini merupakan pemicu asam lambung paling utama.

13. Keripik Kentang

Makanan tinggi garam tidak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga dapat memicu refluks asam. Camilan asin seperti keripik kentang dan pretzel harus dihindari.

14. Makanan yang Digoreng

Kentang goreng, tots, atau onion ring adalah beberapa makanan cepat saji yang paling digemari. Namun, ternyata makanan yang digoreng adalah salah satu penyebab terbesar pemicu asam lambung.

Menurut University of Pittsburgh Medical Center, orang yang rentan mulas atau refluks asam harus menghindari makanan yang digoreng dan membatasi konsumsi lemak dan minyak mereka tak lebih dari tiga porsi per hari.

15. Alkohol

-Foto: Istimewa

Alkohol menjadi makanan yang dilarang untuk penderita asam lambungselanjutnya. Alkohol tidak hanya mengendorkan katup sfingter pada tenggorokan, tetapi juga merangsang produksi asam di perut.

Sumber: detik.com/

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20210310 201154

"Peraturan BPOM itu dengan tegas melarang visualisasi kental manis yang disetarakan dengan pelengkap gizi layaknya produk susu pertumbuhan."

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) siap mendukung pelaksanaan Peraturan BPOM No 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan yang waktu penyesuaiannya akan berakhir pada April 2021 mendatang.

“Semua jenis produk makanan termasuk kental manis aman dikonsumsi selama produk tersebut digunakan sesuai peruntukan golongan umurnya,” ujar Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes, dr Rr Dhian Probhoyekti, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan kental manis secara komposisi mengandung gula yang cukup tinggi sementara kandungan gizi seperti vitamin dan mineralnya sangat rendah dibandingkan susu bubuk atau susu formula lainnya.

“Jadi untuk anak-anak yang masih memerlukan zat gizi untuk pertumbuhannya dan perkembangannya secara optimal, maka makanan yang tepat adalah yang kandungan gulanya sesuai dengan usia anak tersebut, bukan kental manis. Hal itu untuk mencegah terjadinya obesitas,” tambah dia.

Peraturan BPOM itu dengan tegas melarang visualisasi kental manis yang disetarakan dengan pelengkap gizi layaknya produk susu pertumbuhan, termasuk yang diseduh dan disajikan sebagai minuman tunggal.

Peraturan BPOM juga mewajibkan produsen Kental Manis untuk mencantumkan tulisan “Tidak untuk menggantikan ASI, tidak cocok untuk bayi sampai usia 12 bulan, dan tidak untuk menjadi satu-satunya sumber asupan gizi” dengan teks warna merah pada kemasannya. Namun yang tak kalah penting adalah, tayangan di televisi tidak boleh menampilkan anak di bawah usia lima tahun sebagai pemeran tunggal dalam iklan komersil produk kental manis.

Dia mengaku selalu bergandengan tangan dengan BPOM, termasuk untuk penegakan PerBPOM No.31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, utamanya terkait gizi anak.

“Itu sudah kita lakukan dan kita dukung. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa iklan dan label kental manis dilarang menampilkan anak di bawah lima tahun, kemudian dilarang menggunakan visualisasi bahwa kental manis disetarakan dengan susu lain atau sebagai pelengkap gizi. Dilarang memvisualisasi kental manis dalam air di gelas yang disajikan sebagai minuman tunggal. Untuk iklan dilarang ditayangkan pada jam anak-anak. Ini sebenarnya sudah menjadi komitmen kita bersama dengan BPOM untuk melakukan hal ini,” terang dia.

Dia menjelaskan kandungan gula pada kental manis itu lebih dari 50 persen, sedang anak berusia satu hingga tiga tahun itu cuma membutuhkan 13-25 gram atau setara dengan dua sendok makan sehari.

Kemenkes mendorong masyarakat untuk tetap menerapkan standar emas pemberian makan bayi dan anak-anak yaitu, inisiasi menyusui dini (IMD) segera setelah bayi lahir dalam satu jam pertama, dilanjutkan dengan rawat gabung.

Kemudian memberikan makanan pendamping ASI kepada anak di atas 6 bulan, dan terus melanjutkan pemberian ASI sampai usia anak dua tahun atau lebih.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault
1606897678235Tanaman hias keladi yang warnanya bikin kalap. 
Foto: Instagram  @kebunnya _bro. 
 
SitindaonNews.Com | Salah satu jenis tanaman hias yang paling banyak diburu orang adalah keladi. Tanaman hias keladi yang mempunyai nama ilmiah Caladium atau suku talas-talasan ini, ciri paling khasnya adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati atau jantung.
 

Tanaman hias keladi ini mempunyai bentuk yang cantik dan warna eksotis. Tak heran beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan rumah.

Buat kamu paca pecinta tanaman hias keladi, Wolipop sudah berbincang dengan kolektor tanaman hias @kebunnya_bro untuk membahas apa saja jenis keladi yang harganya mahal di Indonesia sekarang ini.

Tanaman Hias Keladi dengan Harga Mahal

1. Tanaman Hias Keladi Sexy Pink

Jenis Keladi Sexy PinkJenis Keladi Sexy Pink. Foto: Instagram @kebunnya_bro.


Sejak kemunculannya tanaman hias keladi sexy pink langsung mencuri perhatian para pecinta keladi. Harga bibit per anakan dari keladi sexy pink ini berkisar Rp 80-150 ribu. Sedangkan harga keladi sexy pink dewasa bisa mencapai Rp 300-500 ribu. Keunikan dari tanaman hias ini warna daunnya yang bervariasi mulai pink muda sampai pink saat dewasa.

2. Tanaman Hias Keladi Shy Cool

Jenis Keladi  Shy Cool atau lokal sebutnya keladi cat tumpahJenis Keladi Shy Cool atau lokal sebutnya keladi cat tumpah. Foto: Instagram @kebunnya_bro.

 

Keladi Shy Cool lebih populer di kalangan pecinta tanaman di Indonesia dengan nama keladi cat tumpah. Menurut kolektor tanaman hias dengan nama akun Instagram @kebunnya_bro, keunikan keladi Shy Cool terletak pada warna merah pada daunnya yang seperti terkena cat merah. Harga bibit dari keladi shy cool berkisar Rp 70-120 ribu, sedangkan untuk harga dewasa Rp 200-500 ribu.

3. Tanaman Hias Keladi Fannie Munson

Jenis Keladi Fannie MunsonJenis Keladi Fannie Munson. Foto: Instagram @kebunnya_bro.


Keunikan tanaman hias keladi Fannie Munson adalah warna daun yang merah dan urat daun merah tua transparan. Harga bibit keladi fannie munson dibanderol Rp 60-80 ribu dan versi dewasa Rp 150-200 ribu.

4. Tanaman Hias Keladi Baret 

Jenis Keladi BaretJenis Keladi Baret. Foto: Instagram @kebunnya_bro.

 

Harga tanaman hias keladi baret ini dijual untuk per anakan Rp 50-100 ribu sedangkan yang dewasa sekitar Rp 200-300 ribu. Keunikan dari keladi baret ini adalah perpaduan warna hijau dan merah menyala. Keunikannya itu yang membuatnya diburu oleh para pecinta keladi.

 
5. Tanaman Hias Keladi Carolyn Whorton
Jenis Keladi Carolyn WhortonJenis Keladi Carolyn Whorton. Foto: Instagram @kebunnya_bro.


Keladi satu ini juga menjadi incaran pecinta keladi. Harga anakan dari tanaman hias keladi carolyn whorton berkisar antara Rp 50-100 ribu, sedangkan harga dewasa Rp 100-200 ribu. Keunikan keladi carolyn whorton pada motif bercak merah, hijau dan putih.

6. Tanaman Hias Keladi White Christmas 

Jenis Keladi White ChristmasJenis Keladi White Christmas. Foto: Instagram @kebunnya_bro.


Keladi White Christmas populer karena keunikannya. Harga anakan tanaman hias keladi jenis white christimas ini Rp 10-50 ribu dan versi dewasa Rp 100-200 ribu. Keunikan jenis keladi ini adalah daunnya pada tanaman yang dewasa semuanya berwarna putih dengan urat daun hijau. Tanaman hias keladi white christmas didominasi warna putih dan tak bisa terkena sinar matahari langsung.

7. Tanaman Hias Keladi Wayang atau Thai Beauty

Jenis Keladi Wayang/Thai beautyJenis Keladi Wayang/Thai beauty. Foto: Instagram @kebunnya_bro.


Tanaman hias keladi ini termasuk jenis keladi termahal yang ada di Indonesia. Harga anakan keladi wayang dijual sekitar Rp 50-100 ribu dan dewasanya Rp 100-300 ribu. Keunikan tanaman hias keladi wayang pada motifnya yang seperti batik merah, putih dan hijau.

Dari ketujuh tanaman hias keladi dengan harga mahal di Indonesiayang dipaparkan di atas, mana yang jadi favorit kamu?

Sumber: wolipop.detik.com

0
0
0
s2sdefault