fbpx

0
0
0
s2sdefault
IMG 20210618 WA0000
 
Siapa sih yang namain makanan-makanan khas Indonesia ini begini? Bikin salah paham banget!

Kulineran adalah salah satu hobi yang paling digemari masyarakat. Pergi ke suatu daerah dan mencicipi berbagai makanan yang enak, seakan-akan seperti liburan dari makanan yang biasa kita makan setiap hari.

Di Indonesia sendiri, ada banyak daerah yang memiliki menu kuliner yang khas. Contohnya saja seperti seperti sate Padang, pempek Palembang, bakso Malang, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, ternyata ada beberapa makanan kuliner khas Indonesia yang punya nama unik. Alih-alih menggunakan nama daerah, makanan Indonesia berikut ini memiliki nama yang jorok!

Emang seperti apa sih nama makanannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. Bikin jadi salah fokus!

1. Nama kue ini adalah kue kontol sapi. Terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula jawa, kue ini rasanya manis banget. Katanya sih bikin nagih!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Kontol Sapi 9a6b7
 

2. Jajanan khas Betawi ini namanya kue tete. Biasanya, sering banget dijual di pinggir jalan. Meskipun namanya bikin salah fokus, tapi sebenarnya rasanya enak banget, loh!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Tete E1741

3. Siapa sangka, kalau makanan yang bentuknya mirip pisang goreng ini dinamai peler kambing. Sebenarnya, ini adalah pempek pisang yang khas dari Palembang.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Peler Kambing 95927

4. Jangan tertipu dengan nama nasi kentut. Walaupun terdengar jorok, sebenarnya nasi memiliki banyak khasiat. Dimasak dengan daun sembukan yang baunya menyengat seperti kentut, nasi ini kemudian disajikan dengan pepes dan ayam gulung.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Nasi Kentut 7ce7e

5. Mie ini dinamai Mie Pentil soalnya teksturnya kenyal seperti karet ban. Kuliner asal Bantul ini dibuat dari tepung tapioka dan biasa disajikan dalam bungkusan daun jati. Wajib coba!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Mie Pentil B1b03
 

6. Bikin ngakak! Kuliner asal Puworejo ini dinamai es dawet jembut kecabut. Meski demikian, es yang berisi parutan cincau dan nangka ini rasanya enak dan menyegarkan.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Es Dawet Jembut Kecebut 925d3

7. Mie lendir khas Kepulauan Riau ini wajib banget dicoba. Dengan kuah kental cokelat dan isi yang melimpah, bisa dipastikan kalau rasanya sedap banget!

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Mie Lendir Riau 516d7

8. Kue peler bedebu mirip seperti klepon. Bahan utamanya adalah ubi yang kemudian diisi dengan gula merah, lalu dikukus. Ini merupakan kue favorit masyarakat Kepulauan Seribu, loh.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Peler Bedebu A13f2

9. Kue Memek adalah kuliner khas Aceh yang mirip dengan bubur. Pada dasarnya, kue ini dibuat dari pisang yang ditumbuk, lalu dicampur dengan beras ketan dan santan.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Kue Memek 375bc

10. Ketupat jembut bukanlah kuliner yang asing bagi orang Semarang. Makanan yang sering hadir saat Syawalan ini berisi taoge yang menyeruak keluar.

Makanan Indonesia Dengan Nama Jorok Ketupat Jembut A5625

Akhir Kata

Itu dia kumpulan nama makanan kuliner khas Indonesia yang namanya bikin salah paham. Meski begitu, rasanya tetap patut diacungi jempol, loh. Kalau kamu, sudah pernah coba yang mana nih?

Ditulis oleh 

Sumber: jalantikus.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

FB IMG 1611482471138

Alpukat, Sering Bikin Kecewa, tapi Selalu Dirindu....

SitindaonNews.Com | ALPUKAT itu buah yang unik dan sekaligus istimewa. Kadang membuat kita berada dalam dilema perasaan “benci tapi rindu”. Kenapa benci? Karena kita berkali-kali dibuat kecewa. Setiap kali beli alpukat, di mana pun, baik di pedagang pinggir jalan, pedagang keliling, hingga supermarket, selalu berujung kekecewaan. Bahkan, yang lebih membuat sakit hati adalah saat beli alpukat di tempat wisata.

Kita digoda oleh tampilan alpukat yang serba menawan. Kulit buah yang glowing, ukuran jumbo, dan narasi promosi sang pedagang yang tak kalah bombastis. Diklaim sebagai alpukat mentega super, dengan rasa paling enak, dan seribu janji manis ala tukang obat jalanan. Sebagai pembeli dan penikmat alpukat, asa kita pun dibuat melambung. Bakal makan alpukat enak nih. Tahunya, setelah tiga hari yang dijanjikan oleh si pedagang alpukat bakal matang, buah masih terasa keras.

Hari keempat diperiksa lagi, masih juga keras. Begitu seterusnya, hari kelima, keenam dan ketujuh, tidak ada tanda-tanda alpukat terasa empuk tanda bahwa alpukat mulai matang, yang ada malah kulit mulai mengeriput. Sebagian malah di ujungnya mulai terlihat warna cokelat, tanda membusuk. Puncaknya adalah pada hari kesepuluh, ketika bagian cokelat di ujung mulai menjalar ke hampir separo bagian buah alpukat, sementara bagian lainnya masih keras. Dan saat itulah kita sudah putus harapan. Alpukat pun kita vonis gagal matang, busuk, dan harus dibuang. Zonk. Kecewalah hati kita. Karena ternyata alpukat yang kita beli masih pentil alias dipetik sebelum saatnya.

Namun, rasa kecewa itu seolah sirna tanpa bekas begitu melihat pedagang alpukat menajajakan dagangannya. Entah di kaki lima, pedagang keliling di kompleks perumahan tempat tinggal, di super market, atau di tempat wisata. Rasa kecewa dan benci yang sempat menempel di hati tiba-tiba berubah jadi rasa rindu dan hasrat yang kuat untuk membeli dan menikmati. Maka kita pun membeli alpukat lagi. Tapi, sekali lagi hasilnya zonk, alias gagal matang dan kita pun kecewa lagi. Berkali-kali, berulang-ulang kita menjalani siklus yang tidak mengenakkan. Tapi, apakah lantas membuat kita atau para penikmat alpukat kapok beli alpukat?

Ternyata tidak. Hasrat para penikmat alpukat untuk mendapatkan alpukat yang baik terus menggebu. Para penikmat alpukat terus berupaya mencari alpukat yang sesuai dengan harapannya, bahkan ketika harga yang harus dibayar dianggap tidak wajar. Bahkan seolah punya tempat tersendiri di hari kita, sehingga sekalipun berkali-kali kita kecewa, kita selalu merindukan alpukat.

Belakangan upaya mencari alpukat sudah seperti perburuan dan petualangan mencari harta karun atau barang berharga. Dan itulah yang terjadi di Meksiko atau Guatemala, dua negara penghasil utama alpukat di dunia, ketika dunia alpukat masuk dalam jaringan kartel yang kejam. Mengapa alpukat begitu istimewa?

Ada fakta yang tak bisa dibantah, trend konsumsi alpukat secara nasional dan global meningkat. Bukan hanya lantaran rasanya yang super lezat, alpukat juga ternyata salah satu super food yang memiliki segudang manfaat. Kandungan gizi dalam buah alpukat sangat lengkap, mulai dari vitamin, lemak sehat, dan unsur-unsur lainnya membuat alpukat menjadi sumber pangan yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. (Muhtar Ibnu Thalab/Mr. Avocado/avocadoindonesia.com/bersambung)***

Cileunyi, Ahad 24 Januari 2021

Sumber: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1235574636814472&id=10001085841572

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

bokom sebutan masyarakat aceh singkil untuk mi instan yang direndam air panasBokom, sebutan masyarakat Aceh Singkil untuk mi instan yang direndam air panas ditambah irisan cabai rawit, bawang merah dan jeruk nipis. 

Kalau anda berkunjung ke Aceh Singkil, singgahlah di warung-warung kecil yang menyediakan meja dan tempat duduk. Lalu pesanlah bokom!

Maka, Anda akan disodorkan mi instan yang direndam air panas.

Tak lama kemudian disusul piring kecil berisi cabai rawit, bawang merah dan jeruk nipis.

Cara penyajiannya mi instan yang direndam air panas, dicampur irisan cabai rawit, irisan bawang merah dan perasan air jeruk nipis.

Tidak ada penyedap lain selain bumbu yang ada dalam bungkusan mi instan.

Untuk menambah kenyang paling disantap dengan telur rebus yang bisanya telah disediakan tukang warung serta taburan bawang goreng.

Itulah makanan yang disebut bokom.

Tak diketahui siapa yang pertama kali menyebut bokom.

Bisa jadi disebut bokom, karena cara penyajiannya yang berbeda atau tempat menghidangkannya dalam mangkuk. 

Sebab kalau mi instan yang dimasak di wajan tak disebut bokom.

Bokom sendiri telah menjadi makanan melegenda bagi masyarakat Aceh Singkil dan Kota Subulussalam. Subulussalam dahulunya merupakan bagian dari Aceh Singkil.

Kisah bokom mulai diketahui ketika transportasi di Aceh Singkil, masih menggunakan jalur sungai.

Di lampung (warung terapung di pinggir sungai) tempat penumpang perahu singgah, menu bokom merupakan kuliner utama.

"Dulu transportasi masih lewat sungai, saat singgah di lampung biasanya makan bokom," kata Mawardi penduduk Aceh Singkil, bermarga Kombih, Minggu (6/9/2020).

Ia mengaku tidak tahu persis kapan istilah bokom pertama kali muncul.

Saat musim kayu. Istilah warga setempat menyebut medio 2000-an ke bawah ketika kayu masih bebas ditebang, bokom menjadi makanan populer.

Maklum kala itu sungai sebagai jalur transportasi utama sangat sibuk oleh hilir mudik kayu-kayu gelondong.

Para pekerja kayu menjadikan bokom sebagai santapan sehari-hari.

Seiring peralihan sejarah zaman, transportasi dari sungai sudah berpindah ke jalan aspal.

Bokom tetap laris manis sebagai makanan pengantar sejarah yang tak lekang gerusan zaman.

Saking populernya hampir semua penduduk Aceh Singkil, tahu membuat bokom.

Minggu sore ini, langit Aceh Singkil, ditutup mendung. Serambinews.com, mencoba menikmati sajian bokom.

Kuah mie yang dicampur bawang merah serta air jeruk nipis memberikan rasa berbeda dari mi instan umumnya.

Sumber: tribunnews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200816 094151Ilustrasi menggoreng telur

SitindaonNews.Com | Telur menjadi salah satu bahan makanan yang ada di hampir semua dapur rumah. Mengingat kandungan telur yang baik bagi tubuh karena sumber protein vitamin A, D, dan B.

Bukan hanya itu saja, harganya yang ekonomis, serta mudah diolah menjadi hidangan apapun membuat telur begitu difavoritkan. Namun pernahkah ibu di rumah mengalami masalah saat mengolah telur?

Salah satu masalah yang sering dialami saat mengolah telur adalah telur yang lengket saat digoreng. Lalu bagaimana cara memasak telur goreng tanpa lengket di wajan? Berikut ini langkahnya, dilansir dari Live Strong, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Langkah 1

Taruh wajan di atas kompor lalu atur api kompor dengan api sedang. Setelah itu panaskan wajan sebelum mulai menggoreng telur.

Ilustrasi telur.

Langkah 2

Lapisi penggorengan dengan sedikit mentega atau margarin agar menambahkan rasa dan mencegah lengket, setelah wajan dipanaskan. Setelah itu, pecahkan telur dengan cara memukulnya dengan lembut di tepi wajan.  Pisahkan cangkang dan biarkan kuning telur dan putih jatuh ke tengah wajan.

Langkah 3

Ubah suhu kompor menjadi rendah lalu masak telur di atas api kecil untuk memastikan teksturnya lebih lunak. Biarkan telur matang sampai putih telur berubah dari bening menjadi putih. Geser spatula di bawah telur dan balikkan.

Telur ayam (ilustrasi)

Langkah 4

Goreng sisi lain telur sampai kuning telur mencapai kematangan yang diinginkan. Telur hanya perlu sekitar satu menit atau lebih untuk memasak di sisi kuning telur. Jika lebih suka kuning telur yang lebih padat masak dua hingga tiga menit di kedua sisi.

Langkah 5

Geser spatula di bawah telur, pindahkan dari penggorengan ke piring. Matikan kompor dan biarkan wajan dingin.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200803 161111Foto: youtube awirach

SitindaonNews.Com | Penjual es dawet ireng yang satu ini punya daya tarik unik. Parasnya yang cantik dan semok bikin dagangannya laris manis. Awas gagal fokus!

Kalau berkunjung ke Purworejo, kurang lengkap rasanya kalau tak menikmati es dawet ireng. Ya, minuman dingin ini cukup populer dan banyak diburu masyarakat.

Sesuai dengan namanya, es dawet ireng ini berbeda dengan dawet biasa yang warnanya hijau. Dawet ireng punya warna hitam eksotis karena diberi campuran tepung oman alias tepung dari batang padi yang dibakar dan diambil sarinya

Nah, kalau mencari es dawet ireng yang enak sekaligus fenomenal, kamu bisa datang ke Jalan Nasional, Purworejo. Di sini ada penjual es dawet ireng yang cantik dan semok. Eits, racikan es dawetnya juga enak.

 
penjual es dawet ireng cantikpenjual es dawet ireng cantik Foto: youtube awirachma
 

Lewat channel youtube Awwirachma, youtuber ini sengaja datang untuk jajan es dawet ireng dari penjual cantik dan seksi. Penjual dawet ireng bernama Melani ini ternyata memang punya paras ayu.

Saat ditanya, ternyata Melani berjualan es dawet ireng karena melanjutkan usaha orang tuanya. Setiap hari Melani siap meracik es dawet ireng pesanan pembeli. Kedainya sederhana, tapi pembelinya tak henti silih berganti.

Melani yang kini berusia 19 tahun mengaku sudah lama berjualan es dawet ireng racikan orang tuanya. Ia berjualan mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Penampilan yang cantik dan seksi bikin Melani kerap menyita perhatian para pembelinya.

Semangkuk es dawet ireng terdiri dari campuran dawet ireng, santan, gula merah cair dan es batu. "Perpaduan antara santan dan gula aren ini enak guys, manis gurih tapi nggak berlebihan. Manisnya sudah dari Mba Melani," ujar Awirahma.

penjual es dawet ireng cantikpenjual es dawet ireng cantik Foto: youtube awirachma

Dalam sehari, Melani mengaku bisa menghabiskan hingga 3 stoples dawet ireng yang bisa diracik jadi 150 porsi. Tak tanggung-tanggung omzet perhari es dawet ireng ini bisa mencapai Rp 2 juta.

Di sepanjang jalan Nasional ini ada sekitar 7 penjual es dawet ireng, semuanya memasang nama Es Dawet Ireng Melani karena memang merupakan milik orangtua Melani. Tapi kalau kamu ingin dilayani langsung dengan Melani maka cobalah datang ke gerai yang lokasinya ada di paling ujung jalan.

Paras cantik Melani si penjual es dawet semok ini pun menarik ribuan komentar netizen. Banyak yang memuji kegigihan Melani karena tak gengsi berjualan es dawet ireng di pinggir jalan.

penjual es dawet ireng cantikpenjual es dawet ireng cantik Foto: youtube awirachma

"Cewe sebersih itu dan secantik itu... dia masih mau jualan dawet.. salute gw," ujar netizen.

"10% menikmati es dawetnya. 90% penasaran sama orangnya. Iya sih emang cakeeep," puji netizen.

"Untung jualannya mangkal, kalo keliling kampung bahaya. Dia bisa abis sama emak-emak karena suaminya jajan daweeet terus tiap hari," beber netizen lain.

"Ini yang beli pasti banyak lelaki yang modus. Beli dawet satu, nongkrongnya 3 jam," pungkas netizen.

Penjual makanan cantik memang banyak dan jadi daya tarik tersendiri. Sebelumnya ada penjual bebek goreng di Surabaya yang punya paras cantik, ada juga penjual es kelapa semok dan seksi yang setiap hari diantre pembeli.

Sumber: .detik.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Nasi Lemak yang lezat (Gambar by Pixabay) 

SitindaonNews.Com | Nasi Uduk adalah salah satu dari variasi olahan nasi yang ada di Indonesia. Olahan nasi lainnya yaitu seperti nasi kuning, dan nasi goreng. Nasi Kuning karena menggunakan kunyit, sehingga warnanya menjadi kuning. Disebut Nasi Goreng karena membuatnya digoreng. Lalu bagaimana dengan Nasi Uduk?

Berdasarkan bahan pembuatannya nasi uduk sama dengan nasi lemak, nasi yang ditanak menggunakan air santan dari perasan kelapa. Namun, nasi lemak terkenal sebagai makanan khas orang Melayu, sementara Nasi Uduk lebih populer di Indonesia, terutama di masyarakat yang berada di Pulau Jawa. Orang-orang Betawi, Sunda, atau di masyarakat suku Jawa di Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Perbedaan Utama Nasi Uduk dan Nasi Lemak

Nasi lemak
Nasi Lemak yang lezat (Gambar by Pixabay)

Walaupun dua-duanya dibuat menggunakan santan, namun rasanya bisa dikatakan tidaklah sama persis. Perbedaan ini disebabkan penggunaan bumbu-bumbu yang mengikutinya. Nasi Uduk menggunakan bumbu yang lebih sederhana, tapi penyajianya yang lebih lengkap. Sementara nasi lemak, penggunaan bumbunya yang cukup beragam sementara penyajiannya hanya cukup menambahkan sambal lemaknya saja.

Itulah salah satu alasan kenapa Nasi Uduk bisa pastikan memang asli Indonesia. Karena walaupun berbahan dasar sama yaitu nasi dan santan, tapi berbeda dalam rasa dan penyajian dengan nasi lemak. Untuk orang Indonesia, lidahnya lebih cocok dengan Nasi Uduk asli Indonesia. Nasi Uduk biasanya dimakan untuk sarapan atau untuk makan malam. Disajikan hangat dengan lauk-pauk yang merupakan masakan pelengkap dari Nasi Uduk ini.

Bumbu Nasi Uduk yang sangat mencolok dibandingkan nasi lemak adalah penggunaan daun salam dan batang serai. Kedua rempah ini membuat Nasi Uduk memiliki wangi yang khas. Sebuah aroma khas yang dihasilkan dari perpaduan aroma santan dengan kedua rempah ini. Ketika tempat nasinya dibuka, pasti Anda akan bisa langsung tahu kalau itu adalah Nasi Uduk. Bukan nasi liwet atau dalam bahasa jawa “Sego Liwet’ atau bahkan “Nasi Lemak” yang menggunakan bahan baku dominan sama yaitu nasi dan santan.

Kedua rempah inilah yang membuat Nasi Uduk sangat Indonesia sekali. Aroma inilah yang khas dan seringkali kita temui pada masakan-masakan khas atau tradisional Indonesia.

Sementara nasi lemak tidak menggunakan batang serai dan daun salam seperti Nasi Uduk. Nasi lemak menggunakan daun pandan untuk memperkuat aroma khas dari santannya sendiri. Sama halnya ketika Anda membuat kolak, bubur sumsum, atau candil. Daun pandan digunakan untuk mengeluarkn aroma khas pada santan.

Santan berpadu dengan daun pandan membuat yang keluar adalah aroma yang lebih mirip dengan kue-kue atau jajanan pasar Indonesia, tidak begitu mendominasi dalam masakan-masaan Indonesia jika dibandingkan daun salam dan batang serai pada Nasi Uduk.

Rasa Nasi Uduk VS Nasi Lemak

Nasi uduk
Nasi uduk yang gurih

Perbedaan lainnya pada Nasi Uduk dan nasi lemak yaitu dalam masalah rasa. Dari kedua jenis nasi yang sering dikatakan orang sejenis atau mirip ini. Pada Nasi Uduk senjatanya adalah menonjolkan rasa nasi yang legit dan gurih karena santannya. Selain itu, harumnya yang khas Indonesia yang membuat Anda tak sabar untuk segera melahapnya.

Semakin hangat nasinya, akan semakin nikmat dan beraroma Nasi Uduk ini. Sementara rasanya sendiri, Nasi Uduk memberikan sensasi yang gurih dan beraroma. Bumbu penyedap alami yang digunakan hanya sebatas pada santan, daun salam dan batang serai tersebut. Garam hanya sebagai penguat rasa gurih dari santan yang digunakan pada Nasi Uduk itu sendiri.

Keistimewaan Nasi Uduk yang khas Indonesia ini adalah karakter rasa nasinya yang  bisa membuat leih nikmat ketika Anda memadukannya dengan masakan-masakah khas Indonesia lainnya. Mulai dari menyantap Nasi Uduk dengan perkedel kentang atau dengan ayam goreng, bahkan dengan semur jengkol. Masakan-masakan yang memang sudah memiliki bumbu yang memang kaya. Memadukannya bersama Nasi Uduk membuat rasanya menjadi lebih kaya dan lebih sempurna.

Jika tidak ada masakan pendampingpun, Anda cukup tambahkan irisan telur dadar, bawang goreng, dan sambal kemiri, Anda sudah dapat merasakan nikmatnya Nasi Uduk ini. Lebih lengkap lagi jika ditambah dengan mentimun, daun kemangi, tomat, atau kol sebagai lalapan. Jika ingin lebih nikmat bisa ditabahkan emping yang terbuat dari melinjo asli. Kriuk-kriuk empingnya yang rasanya agak pahit meyempurnakan lidah Anda ketika menyantap Nasi Uduk asli indonesia ini.

Untuk nasi lemak, jika dibandingkan dengan Nasi Uduk justru lebih sulit untuk dipadukan dengan masakan lainnya. Penyebabnya karena nasi lemak nasinya sudah sangat kaya rasa. Kekayaan rasa dari nasi lemak ini karena pada nasi dan santannya yang juga ditambahkan bumbu penyedap alami lain seperti bawang putih, jahe, dan garam serta minyak yang membuat nasi menjadi semakin berlemak. Jadi, menyantapnya dengan sambal saja sudah lebih dari cukup.

Semakin banyak padanannya, justru membuat rasanya menjadi tak karuan. Campur-campur menjadi tidak begitu nikmat untuk disantap. Sehingga jika dilihat dari unsur nilai gizinya, nasi lemak cukup banyak mengandung karbohidrat dan lemak, sesuai dengan namanya. Sementara protein, serat, dan kandungan lainnya tidak bisa Anda dapatkan dari hidangan ini.

Gizinya tetap lebih unggul Nasi Uduk yang bisa disantap dengan beragam lauk pauk tanpa membuat rasanya menjadi aneh. Justru membuat makan menjadi semakin nikmat dan lengkap gizinya.

Tips Praktis Memasak Nasi Uduk

Cara membuat Nasi Uduk yang praktis ini bisa Anda praktikan sendiri. Dijamin membuat makan Anda menjadi lebih istimewa karena memang nasinya juga istmewa. Apalagi jika Nasi Uduknya adalah buatan Anda sendiri. Dalam tips memasak Nasi Uduk yang praktis ini Anda hanya butuh rice cooker yang biasa Anda gunakan untuk memasak nasi sehari-hari.

Perlakuan terhadap nasinya juga kurang lebih sama. Mulai dari mencuci beras sampai menambahkan air untuk mulai memasak nasi. Perbedaannya, air yang biasa Anda gunakan untuk memasak nasi diganti dengan santan secukupnya. Namun, untuk Nasi Uduk takaran santannya sedikit lebih banyak dibandingkan dengan jumlah air yang biasanya Anda gunakan untuk memasak nasi pada rice cooker tersebut.

Selanjutnya Anda cukup menambahkan daun salam dan batang serai yang telah dimemarkan. Aduk sebentar sambil mencampurkan garam secukupya pada nasi dan santan sampai larut. Masak seperti Anda memasak nasi biasa, dengan hanya menekan satu tombol memasak saja dan tunggu Nasi Uduk sampai matang. Secara otomatis ketika Nasi Uduk ini matang fungsi rice cooker berubah menjadi pemanas.

Anda tinggal tambahan toping-toping atau menu pelengkap untuk dimakan bersama Nasi Uduk tersebut. Pelengkap yang paling sederhana adalah telur dadar yang sudah diiris-iris dengan mentimun dan daun kemangi. Jika Anda suka kacang kedelai dan memang kebetulan memang sudah tersedia di toples, bisa Anda tambakan hingga Nasi Uduk siap disantap, jangan lupa sambalnya. 

Jika lauk pauk lainnya juga sudah tersedia lebih nikmat lagi. Anda bisa lebih kenyang dan kebutuhan Anda terhadap gizi yang lengkap juga dapat terpenuhi.

Karena banyaknya penggemar dari Nasi Uduk ini di Indonesia. Anda dapat menemukan menu ini hampir di setiap tempat. Mulai dari warung-warung kecil, kantin-kantin sekolah, atau di restoran, food court atau bahkan di hotel sekalipun. Nasi Uduk menjadi menu khas Indonesia yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

Menu yang Indonesia sekali karena memang sangat pas dan cocok dengan lidah maupun perut orang Indonesia. Tak jarang orang luarpun ketagihan dengan Nasi Uduk yang asli indonesia ini. Entah karena rasa dan aromanya yang khas atau karena begitu mudahnya untuk dapat menikmati Nasi Uduk.

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

IMG 20200721 192424Photo: U-Report. |  Kue Klepon Sumber: Youtube

SitindaonNews.Com | Klepon menjadi viral dan trending di Twitter lantaran sebuah unggahan yang mengaitkannya dengan agama. Sontak saja hal itu menjadi perbincangan netizen.

Terlepas dari itu, klepon sendiri cukup populer dan telah ada sejak zaman dahulu. Kue tradisional ini berasal dari bahan ketan, diisi dengan gula Kalimantan cair (gula kelapa) dan ditaburi parutan kelapa.

Dikutip dari berbagai sumber, klepon kemungkinan kuat berasal pertama kali dari daerah Jawa. Hal itu lantaran produk kue klepon terkenal berasal dari Pasuruan (Jawa Timur). Biasanya, dijual dalam kotak di kios-kios kecil yang membuat garis panjang di pinggir jalan yang menghubungkan Malang dan Surabaya.

Di bagian lain di Indonesia, seperti di Sumatera dan di negara tetangga Malaysia kue tradisional klepon disebut sebagai onde-onde. Bahkan beberapa literatur menyebutkan bahwa jenis kue tradisional tersebut sudah ada sampai di negara lain.

Klepon biasanya disajikan dengan getuk dan cenil sebagai camilan di pagi dan sore hari. Warna klepon identik dengan warna hijau yang berasal dari daun pandan. Tapi kini inovasi klepon sudah ada dengan berbagai warna dan rasa mulai dari green tea hingga nutella.

Apa saja inovasi dari klepon, ya? Berikut rangkumannya:

Klepon gelato

Di Locarasa, Kemang, Jakarta, kuliner ini disulap menjadi salah satu rasa gelato. Beberapa tempat lain pun tak mau ketinggalan dan mulai mengembangkan rasa gelato dan es krim dengan citarasa klepon.

Donat klepon

Bentuknya yang sama-sama bulat membuat donat menjadi pilihan untuk kreasi klepon lainnya. Warnanya dibuat hijau ditambah topping kelapa parut serta isian gula merah layaknya klepon.

Klepon cake

Klepom cake memiliki tekstur serupa bolu dengan warna hijau mencolok. Di bagian tengah dilapisi gula merah sebagai ciri khas isian dalam klepon.

Sumber: viva.co.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault
Screenshot 20200718 151423
"Kadang mereka minta dibungkus dibawa pulang untuk anak dan istrinya"
 
SitindaonNews.Com |  Akhir pekan biasanya jadi hari libur keluarga, Sabtu ini warga di Jakarta bisa mengisi liburan dengan mencicipi kuliner Indonesia, salah satunya Mie Ayam.


Sebuah restoran di wilayah Cipete, Jakarta Selatan menyediakan Mie ayam dengan harga seikhlasnya, pembeli cukup memasukkan uang pembelian ke dalam kotak amal, karena pemiliknya tidak menyediakan kasir.

Restu Zulfikar (26) pemilik restoran Mie Ayam Marta mengatakan baru lima hari aksi sosial makan mie ayam bayar seikhlasnya ia unggah di media sosial lewat cuitannya dan langsung viral.

Ternyata aksi sosial tersebut bukan yang pertama dilakukan oleh Restu, jauh sebelum mie ayam bakar seikhlasnya, pria asal Pontianak tersebut telah mengalokasikan 20 persen 'net profit' dari salah satu restoran miliknya disumbangkan kepada kalangan duafa.

"Saya punya tiga 'tenant', yang pertama Nami Grill (restoran Korea), sejak awal buka satu tahun dua bulan, saya sudah alokasikan 20 persen net profitnya untuk duafa," kata Restu.

Setelah menyumbangkan sebagian pendapatan dari salah satu lini usahanya, Restu tidak berhenti sampai di situ, sifat berbagi yang ditanamkan oleh ibunya mendorongnya untuk terus  membantu sesama.

Bahkan di tengah pandemi COVID-19, aksi sosial berbagi kepada sesama terus dilakukan Restu, hingga memunculkan ide makan mie ayam bayar seikhlasnya.

Berawal saat pandemi COVID-19, salah seorang pembeli datang untuk makan tetapi hanya mampu membayar seadanya.

"Saat itu saya mempersilahkan bapak itu untuk makan," ujarnya.

Sajian Mie Ayam Marta cukup bayar seikhlasnya terletak di lantai dasar Lotte Mart Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (18/7/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am. 

Sejak saat itu, Restu mempersilahkan pengunjung Lotte Mart Fatmawati tempat dia berjualan, untuk makan dan bayar seikhlasnya.

Ternyata, lanjut Restu, banyak dari pengunjung itu pengemudi ojek daring, mereka yang baru di PHK yang rata-rata masyarakat ekonomi menengah ke bawah datang makan di restorannya.

"Kadang mereka minta dibungkus dibawa pulang untuk anak dan istrinya," kata Restu.
Kini, Restu mengalokasikan usaha mie ayam dengan bayaran seikhlasnya untuk kegiatan amal, dan uang yang terkumpul dari pembelian mie ayam tersebut didonasikan untuk pembedayaan ibu-ibu kepala keluarga.

Tidak hanya memiliki kisah sosial yang kuat, cita rasa Mie Ayam Marta bayar seikhlasnya juga memiliki rasa yang nikmat.

Semangkok mie ayam dengan porsi lumayan besar enak dinikmati saat masih panas. Mie ayam tersebut disajikan terpisah dengan kuah kaldu ditaburi daun bawang.

Suiran daging ayam yang cukup besar dengan rasa olahan rempah yang menggugah rasa, ditambah keripik pangsit yang renyah cukup mengenyangkan perut yang sedang lapar.

Penasaran ingin mencicipinya? datang saja ke lantai dasar pusat perbelanjaan Lotte Mart Fatmawati di jalan Fatmawati Raya, Cipete, Jakarta Selatan, atau tidak jauh dari Stasiun MRT Cipete. 

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

1594551557428

SitindaonNews.Com | Pemerintah secara resmi memulai proyek pengembangan 10 desa wisata di kawasan destinasi pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Pengembangan 10 desa wisata itu merupakan proyek percontohan.

Peresmian ini secara simbolis ditandai dengan peletakan batu pertama toilet wisata dan pengelolaan persampahan.

Peletakan batu pertama toilet wisata merupakan CSR dari PT Pertamina sementara pengelolaan sampah dari PT Pegadaian.

"Kita berharap pengembangan Danau Toba tidak hanya bersumber dari APBN pemerintah, tapi juga melibatkan semaksimal mungkin stake holder untuk mengembangkan Danau Toba," kata Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo, dalam pernyataannya, Minggu (12/7/2020).

Peletakan batu pertama pengembangan desa wisata itu disaksikan langsung Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio secara virtual.

Ada 10 desa yang dipilih dalam proyek percontohan berdasarkan kearifan lokal yang dimiliki serta berbasis komunitas. Kesepuluh desa itu terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan (tiga desa), Kabupaten Toba (empat desa), dan Kabupaten Tapanuli Utara (tiga desa).

Selain groundbreaking pengembangan desa wisata, pada Jumat ini juga dilakukan penyerahan santunan atas lahan otoritatif Danau Toba.

Pemerintah memberikan uang ganti rugi ekonomi masyarakat yang terdampak pengembangan pariwisata Danau Toba senilai total Rp 26 miliar bagi masyarakat yang terdampak proyek pengembangan pariwisata di lahan seluas 279 hektar.

Proses ganti rugi mengacu pada Perpres No. 62 Tahun 2018 tentang Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Dalam Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Basional.

Dalam Perpres tersebut penghitungan ganti rugi dilakukan oleh Gubernur dan bisa didelegasikan kepada Bupati.

"Hari ini kami memberikan secara simbolis kepada 255 bidang tanah yang di atasnya ada tanaman seperti kopi dan alpukat, yang dimiliki oleh 204 orang. Total anggaran Rp 26 miliar bersumber dari APBN yang didistribusikan kepada masyarakat sebagai itikad baik pemerintah agar perekonomian rakyat tidak terdampak aktivitas pengembangan pariwisata di Danau Toba," ujar dia.

Protokol Kesehatan

Danau Toba
Danau Toba Sumatera Utara |  Nur Azizah

 

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkar menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan covid-19 di destinasi wisata Danau Toba di era kenormalan baru ini.

Untuk itu, ia meminta pemerintah daerah serta pengelola Danau Toba memastikan prinsip Cleanless, Healtyness, Safety, and Environment (CHSE) betul-betul diterapkan di destinasi wisata Danau Toba.

"Mudah-mudahan temen-temen Pemda di sana menyiapkan kebersihan, higienis, terutama sanitasi dan tempat sampah. Kami sedang menyusun buku panduan protokol kesehatan dan siap mensosialisasikannya," jelasnya.

Sebab, penerapan prinsip CHSE di destinasi wisata Danau Toba penting dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada turis baik dari dalam maupun luar negeri.

"Sekarang trennya adalah travel bubble, di mana harus ada perjanjian multilateral dengan negara lain yang di dalam perjanjian itu kita tukar menukar turis. Toba selama ini diminati Malaysia dan Singapura, semoga perjanjian ini segera bisa kita jajaki," tukasnya

Sumber: liputan6.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

Screenshot 20200712 121346

SitindaonNews.Com | Jakarta (ANTARA) - Berjalan-jalan di masa normal baru saat ini tak ada salahnya sembari membawa bekal camilan apalagi jika di kawasan yang akan Anda kunjungi tak menyediakan lapak-lapak pedagang untuk berjualan makanan.

Sebelum menyiapkannya, pikirkan dulu waktu tempuh Anda sampai di tujuan, jika jauh, hidangan semisal salad tuna sebaiknya tak Anda bawa. Sebaiknya, ketika memilih makanan ringan yang bisa membuat Anda puas, protein harus menjadi perhatian utama karena akan membuat Anda tidak melahap seluruh kantong keripik selama di jalan atau lokasi tujuan.

Berikut rekomendasi camilan sehat untuk Anda sebagai bekal perjalanan seperti dilansir dari laman Real Simple dan Shape:

Telur rebus
Telur mengandung 6 gram protein, 13 vitamin dan mineral penting lainnya. Merebusnya pilihan terbaik untuk perjalanan, dan makanan ini akan bertahan seminggu jika disimpan dalam lemari pendingin.

Protein bar
Protein bar kemasan dapat menjadi cara yang sangat mudah untuk mendapatkan protein Anda, tetapi Anda harus memilih dengan hati-hati dan menghindari merek dengan lebih banyak gula daripada protein. Carilah merek yang memiliki banyak protein dan hampir tanpa gula.

Keripik, permen dan buah segar
Keripik menjadi camilan kesukaan sebagian besar orang selama perjalanan. Selain keripik, Anda juga bisa membawa buah apel, pisang, dan jeruk, permen asam, permen karet (kalau bisa tanpa gula).

Kacang
Kacang campur bisa menjadi camilan yang enak untuk diambil sepanjang perjalanan Anda, tetapi varietas yang paling umum penuh dengan bahan-bahan manis dan perasa buatan. Sebaiknya, pilih kemasan yang memiliki setidaknya 50 persen kacang.

Lemak sehat
Anda bisa memilih buah alpukat. Potong buah menjadi dua dan makan daging dari kulit dengan sendok. Untuk menjaga kalori tetap terkendali, pisahkan buah ini dengan camilan lain.
Pilihan lainnya, biji chia atau biji rami giling. Makanan ini bisa ditambahkan ke yogurt atau oatmeal sebagai penyedia serat.

Karbohidrat Kompleks
Ada sejumlah pilihan karbohidrat kompleks untuk Anda, salah satunya oat. Paket oatmeal instan tanpa rasa dapat dicampur dengan air panas atau diaduk menjadi yogurt.

Pilihan lainnya, popcorn karena selain lebih rendah kalori makanan ini gandum utuh dan menyediakan serat pengisi. Selain itu, bisa juga roti gandum yang ditambah mentega kacang, biskuit gandum utuh, dan kentang panggang karena kaya serat, vitamin A, dan potasium.

Minuman
Hidrasi itu penting, karena dehidrasi ringan bisa disalahartikan sebagai rasa lapar. Sebaiknya jangan terlalu meminum banyak kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat Anda merasa harus buang air kecil setiap 10 menit.

Sumber: antaranews.com

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault

2851533821

SitindaonNews.Com | Siapa yang selama ini penasaran dengan cara membuat telur dadar padang? 

Telur dadar selama ini soalnya jadi menu paling laris di resto Padang.

Telurnya sengaja dibuat tebal sehingga makan dengan sepotong telur dadar saja sudah cukup mengenyangkan.

Rasanya pun nikmat karena telur dadar jadi lebih empuk dan terasa bumbunya.

Tenang, telur dadar tebal ada resto Padang ini super mudah kok dibuat kalau kita paham triknya.

Nah, berikut panduan mudah yang harus diikuti.

1. Gunakan telur dalam jumlah banyak

Kalau mau tebal tentu penggunaan telur harus banyak.

Tapi, ukuran wajannya juga harus tepat.

Wajan tidak boleh terlalu besar kalau telurnya tidak terlalu banyak.

Padang rice served with chicken curry - Nasi padang
Padang rice served with chicken curry - Nasi padang(iStockphoto/Satriady Utomo)
 

2. Telur dadar tidak boleh terlalu padat

Tambahkan air supaya telur dadar tidak terlalu keras hasilnya.

Penambahan air tidak banyak, cukup 2 – 3 sendok makan tiap 5 butir telur.

3. Goreng dengan cara yang benar

Karena sengaja dibuat tebal, telur tentu lebih sulit matang.

Begitu dituang ke dalam panci aduk-aduk telur seperti membuat orak-arik.

Tujuannya supaya telur yang sudah berkulit di dasar wajan bisa naik ke atas dan memberikan kesempatan telur cair untuk berkulit juga.

Dengan begitu, tidak akan ada telur yang terlalu gosong dan masih terlalu cair.

4. Tutup wajan

Gunakan api kecil dan tutup wajan setelah telur dadar tebal mulai mengeras.

Tujuannya supaya telur bisa matang sempurna.

Bila bagian dalam kurang matang, telur akan patah saat dibalik.

5. Jangan balik dadar menggunakan spatula

Telur dadar tebal dijamin pasti patah kalau hanya dibalik dengan menggunakan spatula.

Sebaiknya, gunakan dua buah wajan yang sama besar dan bentuknya.

Setelah bagian bawah dadar cukup matang, balik dadar di wajan lain yang sama ukurannya sehingga kita tidak perlu menggunakan spatula.

Cukup mudah untuk membuatnya kan Sase Lovers?

Dijamin kita akan sukses membuat telur dadar tebal ala resto Padang kalau mengikuti trik di atas.

Selamat mencoba!

Sumber : sajiansedap.grid.id

0
0
0
s2sdefault

0
0
0
s2sdefault
8e056b09 b6f6 415f adcb b51241ddac72 169
Foto: Bandara Internasional Soekarno Hatta. (Ist/Wikipedia) 
 
SitindaonNews.Com | Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan diskon tiket pesawat ke-10 destinasi akan berlaku mulai Minggu hari ini (1/3/20). Diskon tersebut berkisar antara 45-50% tergantung kelas masing-masing penerbangan.

"Kita tahu bahwa masyarakat dunia pariwisata membutuhkan suatu support. Karenanya pak Presiden [Jokowi] secara langsung memimpin 2 kali ratas [rapat terbatas] dibahas bagaimana memberikan kemudahan turis domestik ke 10 destinasi," kata Budi Karya dalam konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (29/2/20).

Dijelaskan bahwa kuota tiket berdiskon ini mencapai 25% dari kapasitas maksimal setiap penerbangan. Secara keseluruhan, dia menyebut, terdapat 430.000 seat yang akan dijual dengan tarif diskon selama 3 bulan, yakni Maret, April, dan Mei 2020.
"Kami ditugaskan memberikan keterangan sejelas-jelasnya. Satu sisi agar penumpang mengerti dan semua stakeholder mengerti tentang apa yang akan diperoleh dan dilakukan," bebernya.

Adapun 10 destinasi ini secara lengkap sebagai berikut:
  1. Batam
  2. Denpasar
  3. Yogyakarta
  4. Labuan Bajo
  5. Lombok
  6. Malang
  7. Manado
  8. Silangit
  9. Tanjung Pandan
  10. Tanjung Pinang
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto, dalam kesempatan tersebut menambahkan bahwa diskon ini berlaku untuk semua penerbangan domestik dari semua daerah yang memiliki rute ke 10 destinasi tersebut.

Selain itu, diskon juga tidak hanya berlaku saat perjalanan berangkat, tetapi juga perjalanan pulang ke tempat asal.

"Detail pax nanti ada datanya. Perhitungannya bagaimana, ada perkiraan dan asumsi. Ini asumsinya Januari. Intinya 10 destinasi ini ada recover," bebernya.
 
0
0
0
s2sdefault